50 Persen Perempuan Indonesia di Usia Produktif

IN
Oleh inilahcom
Rabu 28 Oktober 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia memiliki banyak perempuan hebat yang bertahan hidup mengalahkan berbagai tantangan dengan mengandalkan keahliannya di dunia kecantikan.

Program Beauty For a Better Life (BFBL) yang digelar LOral Indonesia, ditujukan mengedukasi perempuan Indonesia yang tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang layak, ataupun yang hidup dalam situasi yang sulit untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui di bidang kecantikan.


Diluncurkan pada tahun 2014, program BFBL LOral Indonesia diselenggarakan bekerja sama dengan mitra NGO yakni Yayasan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan CSR Jababeka.

Program ini bertujuan memberikan kesempatan kerja bagi para lulusannya, sehingga modul pelatihan program ini pun dirancang untuk beradaptasi dengan budaya dan kecantikan lokal. Komitmen program ini terbukti krusial mengingat kondisi perempuan kurang beruntung di Indonesia saat ini.

Menurut survei Profil Perempuan Indonesia 2019 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan BPS (Badan Pusat Statistik), persentase penduduk perempuan berumur 15 tahun ke atas yang bekerja adalah 49,15 persen, di mana persentase mengurus rumah tangga sebagai kegiatan utama adalah 36,67 persen.

Agustina Erni, Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, menyatakan L'Oral Beauty For a Better Life merupakan kegiatan penting untuk masyarakat, terutama di masa pandemi ini.

"Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) separuh dari penduduk Indonesia merupakan perempuan, dan 50 persen dari perempuan tersebut berada di usia produktif. Perempuan memiliki potensi tinggi untuk berperan dalam kemajuan ekonomi," kata Agustina, saat webinar di Jakarta, Rabu, (28/10/2020).

Sebagai contoh, 50 persen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada tahun 2014-2018 dimiliki perempuan.

Sangat disayangkan bahwa tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan hanyalah 51,5 persen.

"Komitmen yang dijalankan L'Oral ini sejalan dengan usaha kami dalam meningkatkan tingkat partisipasi perempuan dalam angkatan kerja yang merupakan target kami dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2024 harus meningkat ke angka 55 persen," tambahnya.

Program Beauty For a Better Life merupakan solusi bagi perempuan kurang mampu untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas usahanya dalam memberikan program pembekalan di bilang kecantikan.

"Saya berharap ini terus berkomitmen dalam memberikan ide-ide inovatif dan menjadi contoh bagi pihak lain untuk bersama-sama mendukung pembangunan bangsa Indonesia, terutama pemberdayaan perempuan," ujarnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA