Waspada Penyakit Ini, Karena Mematikan Bagi Wanita

IN
Oleh inilahcom
Kamis 29 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Menurut Sumber Tepercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 1 dari setiap 5 kematian wanita terkait dengan penyakit jantung.

Sebuah survei nasional yang diterbitkan dalam jurnal Circulation dari American Heart Association menemukan bahwa meskipun berisiko, banyak wanita tidak menyadari tanda-tanda serangan jantung dan stroke atau risiko penyakit jantung.

Survei tersebut menemukan, dari 2009 hingga 2019, kesadaran penyakit jantung sebagai penyebab utama kematian perempuan menurun dari 65 persen menjadi 44 persen.


Wanita Harus Ketahui

Dr. Eugenia Gianos, direktur Kesehatan Jantung Wanita di Rumah Sakit Lenox Hill di New York, merasa kecewa karena mendengar wanita lebih muda cenderung tidak menjalani gaya hidup sehat jantung pada tahun 2019 dibandingkan tahun 2009.

"Hal ini, ditambah dengan kurangnya kesadaran tentang penyakit jantung, mungkin menjelaskan peningkatan kematian akibat penyakit jantung yang kami lihat pada wanita yang lebih muda."
kata Dr. Eugenia Gianos, direktur Kesehatan Jantung Wanita di Rumah Sakit Lenox Hill di New York.

Namun, kurangnya kesadaran paling besar di antara wanita berusia kurang dari 34 tahun dan pada kelompok non-Hispanik Hitam dan Hispanik. Menurut CDC, wanita kulit hitam sekitar 60 persen lebih mungkin dibandingkan wanita kulit putih untuk mengalami serangan jantung.


"Terutama karena faktor sosial ekonomi seperti cakupan asuransi yang buruk, kurangnya perawatan berkualitas, dan konseling prenatal yang tidak memadai." dikutip dari Healtline.com, Kamis (29/10/2020).

Ketika wanita mengalami serangan jantung, mereka mungkin memiliki gejala yang berbeda dibandingkan pria. Meskipun ketidaknyamanan dada biasa terjadi, mereka mungkin mengalami gejala lain yang kurang terkait dengan serangan jantung termasuk pusing, sesak napas, atau mual. Yakni, rasa sakit atau ketidaknyamanan di punggung, rahang, perut atau kedua lengan keluar menjadi keringat dingin, sesak napas dengan atau tanpa nyeri dada, muntah, dan nyeri dada.


Penyebab Penyakit Jantung Pada Wanita

Beberapa faktor risiko penyakit jantung di kalangan wanita meliputi, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, merokok, gaya hidup menetap, kegemukan, turunan keluarga.

Tetapi bahkan untuk wanita yang tidak memiliki faktor risiko ini, masih ada tindakan yang harus diambil untuk memastikan bahwa mereka menjalani gaya hidup jantung sehat.


Langkah Wanita Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Makan makanan yang sehat, kaya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian - dan rendah lemak jenuh, kolesterol, garam, dan tambahan gula.
Berhenti merokok, minum secukupnya, kelola stres, olahraga, pelajari penyakit keturunan keluarga, pelajari ABCS kesehatan jantung, terapi aspirin yang sesuai bagi yang membutuhkan, kontrol tekanan darah, dan manajemen kolesterol. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA