Pelarian Negatif, Mahasiswa Meski Cari Pertolongan

IN
Oleh inilahcom
Jumat 30 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mahasiswa meski mengetahui mengenai kesehatan mental mereka. Mengingat, kondisi mental seseorang berpengaruh pada cara dia berpikir, merasakan, hingga bertindak.

Dikutip dari laman Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (AS), penting dalam setiap tingkatan kehidupan. Kesehatan mental terutama remaja perlu dijaga agar mereka bisa tumbuh dengan baik.

Banyak kejadian dan kondisi bisa mengganggu kesehatan mental mahasiswa. Berikut tanda-tanda kesehatan mental :

Perubahan Emosi Tak Terkontrol

Rasa sedih, marah, dan kecewa yang berlebihan bisa menjadi tanda kesehatan mental Anda terganggu.

Anda juga merasa tidak menjadi diri sendiri. Sering menarik diri hingga perubahan pola makan masuk dalam tanda kesehatan mental memburuk. Parahnya, Anda mulai berpikiran untuk menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri. Mengutip dari Psychology Today.


Mengalami Kejadian Traumatis

Kejadian traumatis yang membekas pada pikiran, memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Jika Anda mengalami kejadian, seperti penolakan atau kecelakaaan, segera mencari pertolongan profesional. Tindakan ini bisa meminimalisir gangguan mental karena kejadian traumatis.

Tidak Lagi Senang Kerjakan Sesuatu

Kapan terakhir kali Anda melakukan hal yang disukai? Merasa malas melakukan hal yang biasanya disukai bisa menjadi tanda kesehatan mental terganggu.

Kesedihan dan rasa sakit bisa membuat seseorang menarik diri dari apapun. Seseorang biasanya berhenti bersenang-senang hingga menarik diri.


Kehilangan Hal yang Berharga

Kepergian orang yang disayang atau hal yang berharga pastilah menyakitkan. Bersumber dari Psychology Today, kejadian ini membuat seseorang merasakan kesedihan yang mendalam.

Tidak jarang kesedihan tersebut bertahan hingga waktu yang cukup lama. Jika tidak segera diatasi, kesehatan mental bisa terganggu. Jika diperlukan, segera cari pertolongan profesional.

Melakukan Hal Negatif

Perubahan emosi membuat beberapa orang mencari pelarian. Terkadang semua pelarian dilakukan tidak semuanya baik. Seperti konsumsi narkoba, alkhohol, hingga seks bebas.

Apabila Anda cenderung melakukan pelarian negatif ini, maka segera cari pertolongan. Tindakan justru membuat Anda terjerumus dalam kecanduan dan perilaku impulsif.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA