Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan Kulit

IN
Oleh inilahcom
Senin 02 November 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Kumis Kucing atau (Orthosiphon Aristatus) merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia mempunyai banyakmanfaat dan kegunaan untuk kesehatan sampai kecantikan.

Menurut Okky Setia Perdana Putra, S. Farm ahli di bidang kosmetik menyatakan, kandungan ekstrak daun kumis kucing (Orthosiphon stamineus) memiliki manfaat baik bagi kulit, mampu bantu mengatasi sebum berlebih.

"Sekresi minyak berlebih pada kulit, mengecilkan pori pori, mencerahkan dan sebagai Antioksidan bagi kulit," kata Okky seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin, (02/11/2020).

Syakir Daulay, public figure yang memiliki hobi memelihara Kumis Kucing, mengungkapkan memiliki ide untuk membuat produk perawatan kulit.

"siapa tau bisa jadi produk kecantikan pertama nih di Indonesia dari tanaman khas Indonesia," kata Syakir.

Menurut hasil riset penelitian BASF Beauty Care Solutions, mengungkapkan tentang efek ekstrak tumbuhan Orthosiphon stamineus pada ketidak sempurnaan kulit terkait sebu, menyimpulkan, uji ekstrak daun kumis kucing dilakukan pada ras Caucasian, yaitu ras penduduk Asia Tenggara.

Hal tersebut teruji pada wanita Thailand. Hasilnya, ekstrak daun kumis kucing dapat menurunkan produksi minyak dan daki yang berlebih dan membersihkan daki secara efektif.

Ini juga dapat mengecilkan pori pori kulit, meningkatkan kecerahan kulit dan meratakan kulit yang tidak rata.

Dokter estetika Yuce Yuanita mengatakan cara pertama untuk mencegah pori-pori tidak menjadi besar yakni dengan mencegah produksi sebum (minyak) yang berlebih.

"Dengan cara, mengatur pola makan, menggunakan jenis perawatan yang sesuai, dan juga menggunakansunblock," katanya melalui channel YouTubeRuang Dokter, seperti dikutipTagar, Senin, 10 Agustus 2020.

Syakir Daulay Merencanakan membuat brand perawatan bernama DEWI DEWI yang terdiri dari dua produk perawatan yaitu PEELING SPRAY BERSINAR DAN BODY SERUM BERSINAR inovasi produk kecantikan pertama di Indonesia karya anak bangsa yang mengandung ekstrak daun kumis kucing.

Berikut ulasan mengenai kandungan dan manfaat dari dua item produk perawatan yang akan menjadikan wanita menjadi cantik yang Indonesia Banget :

1. DEWIDEWI Peeling Bersinar merupakan peeling untuk membersihkan sebum (daki) pada kulit tubuh, dan juga mencerahkan.

"Dengan kandungan ekstrak daun kumis kucing yang membantu menghaluskan kulit, meringankan inflamasi, antibakteri sebagai anti infeksi kulit. Kemudian, ekstrak jamur Sparassis crispa yang mengandung anti alergi pada kulit. Alpha Arbutin berkhasiat mencerahkan kulit tubuh yang gelap. Tidak ada efek samping untuk penggunaan jangka panjang," papar Syakir.

2. DEWIDEWI Body Serum Bersinar merupakan Body Lotion dengan tambahan konsentrat dari Serum.

Diformulasikan untuk wanita yang sering terpapar sinar matahari dan memiliki kulit tubuh yang belang.

"Dengan kandungan ekstrak daun kumis kucing (Orthosiphon stamineus) DEWIDEWI Body Serum Bersinar berkhasiat membersihkan dan mencerahkan kulit tubuh, anti infeksi, antiinflamasi, antioksidan untuk menangkal radikal bebas," ujar Syakir.

Kemudian, masih menurut Syakir, ekstrak kumis kucing dapat memberikan nutrisi vitamin pada kulit tubuh.

"Mengecilkan pori pori dan secara efektif dan cepat dapat mencerahkan kulit tubuh. Terdaftar resmi di BPOM, tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan untuk penggunaan jangka panjang," katanya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA