Wisata Selam Diharapkan Terapkan CHSE

IN
Oleh inilahcom
Rabu 04 November 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Rizki Handayani mengajak agar industri selam bisa bangkit dan menerapkan panduan CHSE.

CHSE adalah singkatan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan).

"Dengan adanya panduan ini diharapkan wisata kegiatan selam dalam berjalan kembali dengan nyaman dan aman, " ujar Rizki saat webinar, di Jakarta, Rabu, (04/11/2020).

Masih menurut Rizki, mudah - mudahan panduan CHSE dapat memberikan pemahaman bagaiman menjalankan kegiatan wisata selam di era new normal ini kepada kalangan industri wisata selam.

"Saya mengajak untuk bersama-sama mempromosikan wisata selam kepada masyarakat luas", tambahnya.

Kasubdinparekraf Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Puji Hastuti menjelaskan kondisi wisata selam di Kepulauan Seribu, setelah ditutup di masa pandemi, Kepulauan Seribu membuka wisata selam kembali sejak tanggal 12 Oktober 2020 dan sejak tanggal 31 Oktober 2020 sudah mulai mendapatkan kunjungan wisata selam.

Kepulauan Seribu terdiri dari 110 pulau dan pulau yang menjadi destinasi popular untuk wisata selam antara lain, Pulau Pramuka, Pulau Sepa, Pulau Harapan, Pulau Pari dan Pulau Macan.

"Sebelumnya Kepulauan Seribu telah menerapkan protokol Kesehatan untuk kegiatan wisata dengan berpedoman pada SK Kadisparekraf DKI no.135 / 2020, " kata Puji Hastuti, mewakili Plt.Kadisparekraf DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya.

Ketua Persatuan Usaha Wisata Selam Indonesia ( PUWSI) Ricky Soerapoetra. Ricky menjeaskan bahwa PUWSI telah melakukan survey mengenai dampak pandemic Covig-19 terhadap 102 pelaku usaha wisata selam.

Sebanyak 66 persen usaha wisata telah tutup, dikarenakan banyak pemilik usaha adalah warga negara asing yang telah menutup usahanya.

Sebanyak 93 persen responden sudah tidak memiliki pemasukan dengan total kerugian sebesar 75,8 Milyard Rupiah.

Serta sebanyak 1.784 orang pekerja terdampak, dengan status dirumahkan dan lainnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA