Harimau Langka Tertangkap Kamera Fotografer Amatir

IN
Oleh inilahcom
Jumat 06 November 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Odisha - Seoranng fotografer amatir asal India, Soumen Bajpayee, dikabarkan beruntung. Ia berhasil memotret harimau hitam yang sangat langka. Harimau berjenis melanistik ini kabarnya hanya tersisa enam ekor di dunia dan hampir punah.

Situs Mirror mengabarkan Bajpayee memotret salah satu dari enam harimau hitam itu pada Rabu (4/11/2020). Harimau itu memiliki garis-garis hitam tebal yang menyembunyikan bulu-bulu berwarna jingga. Harimau ini hanya ditemukan di bagian timur Odisha, India.

Bajpayee tidak mengenal spesies harimau melanistik. Ia merasa beruntung dapat melihat harimau langka di hutan. Ia bercerita harimau hitam tersebut muncul secara tiba-tiba dan berjalan kembali ke belakang pohon.

"Saya sedang mengamati berbagai burung dan monyet di pepohonan ketika saya tiba-tiba melihat sesuatu yang tampak seperti harimau, tetapi tidak seperti harimau biasanya," katanya.

Mahasiswa magister teknologi dari Kolkata di Benggala Barat tersebut mengatakan terkejut dengan keunikan spesies sehingga dia tidak menyadari pentingnya apa yang dia lihat.

"Awalnya saya bahkan tidak menyadari apa yang terjadi karena saya melihat harimau yang sama sekali berbeda," katanya. Bajpayee mengaku telah melihat banyak harimau sebelumnya, baik di alam liar maupun di penangkaran. Namun, menurutnya, harimau ini sama sekali berbeda.

Ia mengaku baru saja terjun ke dunia fotografi dan berhasil mengambil beberapa foto binatang buas yang luar biasa. Dia mengatakan sejauh ini dua harimau hitam di cagar alam Nandankan telah ditangkap melalui jebakan kamera.

Ilmuwan dan ahli margasatwa dari Institut Margasatwa India Dr Bivash Pandav kepada Times of India mengatakan ia meyakini hanya tersisa tujuh hingga delapan ekor harimau jenis ini di India. Menurutnya, harimau ini unik karena genetik mereka. Diyakini, garis hitam tebal pada tubuh harimau ini muncul karena perkawinan sekerabat. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA