Tips untuk Penderita Diabetes Sebelum Olahraga

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 06 November 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Penderita diabetes memang perlu menjalankan aktivitas fisik, yaitu olahraga. Namun, jangan asal melakukannya. Mengapa?

Menurut Dr. dr. Dyah Purnamasari, Sp.PD, KEMD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, seorang yang sudah mengalami diabetes membutuhkan aktivitas fisik yang baik dan tentunya sesuai dengan kemampuan si penderita diabetes.

"Ada aktivitas yang membantu membakar kalori dan jantung bisa dilakukan di rumah. Salah satunya menyapu, menyemprot tanaman, bercocok tanam, dan lainnya," kata Dyah saat webinar bersama Nutrifood, Jakarta, Jumat, (06/11/2020).

Pada dasarnya, masih menurut Dyah, olahraga harus dilakukan dan setiap orang bisa meluangkan waktu dengan khusus. Hal ini agar olahraga bisa dijalankan dengan fokus.

"Semua olahraga harus dikonsentrasikan. Setiap pasien diabetes, memiliki derajat yang berbeda beda tingkat kebutuhan olahraganya," tambah Dyah.

Lantas apa saja tips Sebelum olahraga untuk para penderita diabetes? Berikut adalah tipsnya.

1. Gula darah capai 200 - 300

"Kalau gula darahnya di atas 200 - 300 nanti dulu, jangan langsung olahraga. Semuanya harus diturunkan dulu ke angda yang normal," kata Dyah.

"Kondisi Ini kalau tiba tiba olahraga, nanti dia bisa lemas. Kalau posisi pasien seperti ini harus turunkan dulu agar tidak ternjadi lemas dan pingsan," tambah Dyah.

Olahraga bisa dilakukan dari mulai yang ringan. Jalan kaki di pagi hari, menanam tanaman, mengerjakan pekerjaan rumah dan lainnya.

2. Kalau gula darah sudah rendah, di bawah angka 100, Anda bisa lebih dulu mengisi perut dengan makan snack.

"Karena penderta diabetes banyak yang sudah minum obat, harus dicek sebelum olahraga. Menjadikan penderita diabetes turun gula darahnya, jadi bisa diawali dengan konsumsi snack yang ringan," ujarnya.

Hal ini menghindari seseorang agar tidak pingsan tiba - tiba saat berolahraga karena gula darahnya menjadi rendah. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA