Empat Tips Cegah dan Hindari Diabetes

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 06 November 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Merawat diri agar terhindar dari penyakit diabetes sangat penting. Hal ini berkaitan erat dengan gaya hidup sehat yang dilakukan sehari - hari.

Menurut Dr. dr. Dyah Purnamasari, Sp.PD, KEMD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, ketika seseorang memiliki keturunan diabetes dari orangtuanya, ada kemungkinan lingkar perutnya 19 kali lebih besar, karena obesitas.

"Untuk individu yang memiliki turunan diabetes. Dia gemuk, ada gangguan kolesterol, melahirkan anak dengang berat lebih dari 4 kg. Ada riwayat prediabetres. Ini harus di cek kesehatan dan gula darahnya sejak awal, bahkan di usia sebelum 30 tahun," papar Dyah saat webinar Nutrifood, Jakarta, Jumat, (06/11/2020).

Kemudian, bagi seseorang yang tidak memiliki keturunan diabetes, namun memiliki kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, merokok, jarang bergerak, obesitas, hal ini juga patut untuk diperiksa lebih lanjut gula darahnya.

"Kalau orang yang memiliki keturunan diabetes memiliki berat badan berlebih, kecenderungan memiliki perut yang lebih besar 19 kali lebih besar dari orangtuanya," tambahnya.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes?

1. Tetaplah aktif dengen olahraga lima kali dalam seminggu

2. Bisa memanfaatkan aplikasi olahraga, misalnya dengan cara menghitung jumlah langkah kaki yang sudah dilakukan seharian

3. Jika masa pandemi covid-19, Anda banyak melakukan kegiatan di rumah, mungkin dennen bekebun, nyapu, mengepel lantai, bisa dilakukan untuk membakar kalori.

4. Bagi yang memiliki anak - anak dan remaja, bisa diajak bercocok tanam agar tidak terus menerus duduk dan sibuk dengan gawai.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA