Banyak Ibu Buka Usaha dari Rumah Ketika Pandemi

IN
Oleh inilahcom
Rabu 11 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Sebuah survei menrjelaskan, banyan usaha kecil yang mulai bangkit ketika pandemi menerpa Indonesia.

Dari survei Teman Bumil dan Populix ini pun terlihat, sebagian kecil mulai membuka usaha kecil-kecilan (27%) untuk keluar dari kesulitan keuangan. Meskipun sebagian besar masih mengandalkan tabungan pribadi (45%).

Perencana Keuangan Keluarga, Rista Zwestika menjelaskan, pandemi Covid-19 ini membuktikan bahwa sebagian masyarakat kita belum melek finansial.

"Sebagian besar tidak pernah menganggarkan dana darurat. Padahal saat terjadi kehilangan pekerjaan, dana darurat bisa menjadi penolong," jelas Rista seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (11/11/2020).

Idealnya, dana darurat yang harus dipersiapkan adalah minimal 6 kali pengeluaran bulanan bagi yang lajang, 9 kali penghasilan jika menikah tanpa anak, 12 kali jika memiliki anak 1, dan seterusnya.

Masyarakat tidak boleh lengah. Pandemi bisa berlangsung sangat lama. Dari sisi finansial, Rista mengingatkan, inilah saatnya untuk memperbaiki diri.

"Meskipun terlambat, mulailah menyisihkan dana darurat. Kita tidak pernah tahu sampai kapan pandemi berakhir. Menyisihkan dana darurat bisa dimulai dengan membuat perencanaan keuangan yang lebih baik. Bagi yang mengalami masalah keuangan, kurangi belanja karena ingin, lebih baik prioritaskan yang memang wajib dan butuh," tandas Rista.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA