Gali Fungsi Eksekutif Anak Semakin Kuat

IN
Oleh inilahcom
Jumat 13 November 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Implementasi proses Pembelajaran Jarak Jauh menjadi tantangan tersendiri bagi ekosistem pendidikan Indonesia, baik untuk guru, orang tua, juga Si Buah Hati.

Perubahan kebiasaan di proses belajar mengajar dapat memberikan dampak untuk Si Buah Hati apabila tidak diatasi dengan baik, seperti berkurangnya fokus anak pada belajar, penurunan pencapaian prestasi belajar, dan pada akhirnya mempengaruhi kondisi psikologis serta emosional Si Buah Hati.

Prof. Dr. dr. Tjhin Wiguna, Sp. KJ (K), Psikiater Anak dan Remajamemaparkan di samping pemenuhan gizi seimbang, para orang tua juga perlu memahami pentingnya peran fungsi eksekutif bagi anak usia sekolah dan bagaimana mengembangkannya.

"Fungsi eksekutif mencakup keterampilan kognitif yang memungkinkan anak untuk berpikir kritis, membuat rencana, fokus, mengingat perintah, mengerjakan tugas dan melakukan aktivitas mental," papar Tjhin, saat webinar Nestle Dancow FortiGro, Jakarta, baru - baru ini.

Fungsi eksekutif melibatkan tiga fungsi utama otak yaitu memori kerja yang berfungsi mengingat dan menggunakan informasi dalam jangka pendek, kemampuan berpikir fleksibel, dan kendali diri.

"Fungsi eksekutif pada anak perlu terus diasah oleh orang tua agar berkembang baik. Untuk tumbuh kembang yang optimal, Si Buah Hati memerlukan asupan gizi yang tepat, stimulasi, dan kasih sayang orang tua," tambahnya.

Category Marketing Manager Dairy Nestl Indonesia, Johanlie Aliffin, mengungkapkan memahami tantangan yang dihadapi orang tua maupun anak-anak di situasi saat ini, kami menghadirkan DANCOW FortiGro Instant dengan formula baru untuk dukung penuhi nutrisi guna bantu optimalkan proses pembelajarannya.

"Lebih dari itu, kami juga menghadirkan program edukasi untuk para orang tua untuk mendukung tumbuh kembang si Buah Hati agar selalu berjalan optimal," papar Johan.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA