4 Pilar Managemen Diabetes di Tengah Pandemi

IN
Oleh inilahcom
Senin 23 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ketua PERSADIA Nasional, DR. Soetomo Surabaya Prof. Dr. dr. Agung Pranoto, M. Kes., SpPD., K-EMD., FINASIM,mengakui segala aktivitas penanganan diabetes menjadi terhambat di tengah pandemi.

"Saat ini semuaprogress jadislowing down. Sejauh ini memangvirtual meeting bisa jadi alternatif sambil menunggu masanew normal. Alternatif virtual ini diperlukan agar semangat dan motivasi diabetesi tetap terjaga. Memang jangkauan metode virtual belum sepenuhnya mampu menggantikanoffline event. Namun yang penting kita tetap kreatif, optimis, dan fokus mencari solusi," papar Prof. Agung, Jakarta, Senin, (23/11/2020).

Empat pilar manajemen diabetes yang menjadi kunci agar diabetesidapat mengontrol gula darah dengan baik dan terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes, khususnya selama pandemi COVID-19.

Empat pilar ini sebenarnya bukan hal baru dalam penanganan diabetes, melainkan poin utama yang harus senantiasa dijaga diabetesi dan dibantu keluarganya untuk menangani diabetesnya.

Pertama, diabetesi harus menjalankan pola makan seimbang berupa asupan nutrisi diabetes yang tepat dengan kalori terukur.

"Diabetesi dianjurkan untukmengonsumsi makanan bergizi seimbang, mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin, dan mineral untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, memberikan ketersediaan energi lebih lama, dan memberi rasa kenyang lebih lama," ujarnya.

Kedua, aktivitas fisik untuk dapat menjaga kebugaran tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit.

"Diabetesiperlu memilih olahraga yang bersifat aerobik, seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, dan berenang," paparnya.

Ketiga, minum obat sesuai anjuran dokter untuk mengontrol kadar glukosa darah. Namun mengonsumsi obat harus dalam pengawasan dan atas resep dokter.

Keempat, edukasi kepada masyarakat mengenai diabetes.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA