Geliat Industri Makanan dan Minuman Meningkat

IN
Oleh inilahcom
Jumat 11 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang minus, industri makanan dan minuman justru tumbuh 0,22 persen dan meningkat sekitar 1,87 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Hal ini menandakan bahwa industri makanan minuman menunjukkan stabilitas signifikan di tengah pandemi berkepanjangan dan membuka peluang besar bagi Haus! Indonesia, start-up minuman lokal yang tengah berkembang pesat.

Haus! Indonesia baru saja menerima dana investasi sebesar Rp 30 miliar dari BRI Ventures melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara. Pendanaan akan digunakan untuk memperluas ekspansi bisnis di industri Food and Beverage (F&B).

Haus! Indonesia saat ini telah memiliki 109 outlet di sekitar Jabodetabek dan Bandung dalam waktu cepat sejak didirikan pada Juni 2018. Haus! Indonesia menyasar target pasar menengah dan menengah ke bawah dalam kategori Made to Order yang menyediakan minuman berbahan dasar teh, coklat dan kopi.

Dengan menyediakan minuman dengan harga yang terjangkau bagi segmen mayoritas generasi milenial dan gen Z.

"Dengan slogan "Semua Berhak Minum Enak", Haus! Indonesia berkomitmen menyediakan minuman enak yang terjangkau bagi semua orang. Oleh karena itu, pendanaan yang kami dapat akan digunakan untuk mengembangkan brand dan memperluas jaringan Haus! Indonesia yang saat ini sudah ada di Jabodetabek dan Bandung. Kami melihat potensi kota lain di Indonesia masih sangat besar, apalagi melihat data bahwa industri makanan dan minuman terus menunjukkan kenaikan," kata CEO Haus! Indonesia, Gufron Syarif, Jakarta, Jumat, (11/12/2020).

Lebih lanjut Gufron Syarif mengatakan, sebagai startup, inovasi merupakan kunci penting.

"Dukungan strategis dan finansial yang kami dapat dari Dana Ventura Sembrani Nusantara akan kami gunakan untuk inovasi bisnis seperti mengembangkan menu makanan dan meningkatkan variasi minuman. Saat ini ada 35 pilihan menu makanan dan minuman yang dijual dengan harga mulai dari 5.000-20.000 rupiah," tambahnya.

VP of Investment & Business Development BRI Ventures, Markus Liman Rahardja, mengatakan, menjalin kemitraan dengan startup minuman lokal Indonesia, Haus! Indonesia, merupakan bentuk dukungan terhadap industri F&B lokal yang tengah berkembang pesat.

"Kami memiliki keyakinan terhadap strategi bisnis perusahaan dan kemampuan tim manajemen yang mumpuni dalam membaca prospek bisnis kedepan. Kami berharap dukungan strategis dan finansial yang dapat kami berikan mampu mengangkat UMKM Indonesia menjadi lebih maju dan berkembang dari sisi skalabilitas maupun kompetensi. Kami percaya Haus! Indonesia adalah sebuah bisnis yang sustainable, profitable, dan scalable," papar Markus.

Saat ini Haus! Indonesia telah mempekerjakan 800 karyawan untuk operasional 109 outlet. Dan angka ini akan terus berkembang sejalan dengan ekspansi bisnis.

"Target kami akan ada minimal 100 pengembangan outlet baru hingga tahun 2021 Dengan dukungan strategis dan finansial dari Dana Ventura Sembrani Nusantara, kami optimis target tersebut dapat tercapai dengan cepat dan lebih baik," tutup Gufron Syarif. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA