Gelaran Oppo Art Jakarta Virtual 2020 Edisi Kedua

IN
Oleh inilahcom
Senin 21 Desember 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Menikmati hasil seni di masa pandemi bisa dengan cara apa saja. Salah satunya dengan menyaksikan gelaran pentas seni secara virtual.

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 telah berlangsung selama dua bulan dan telah menampilkan sekitar 800 karya di ruang virtual ini.

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 berterimakasih kepada Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, OPPO Indonesia, Ninja Xpress dan terutama pengunjung dan pencinta seni yang telah memberikan kepercayaan dan dukungannya.

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 dikunjungi lebih dari 30,000 pengunjung selama bulan pertama (Oktober-November).

"Kami menerima tanggapan dan saran yang positif selama periode tersebut. Maka, kami memutuskan untuk membuat edisi kedua OPPO Art Jakarta Virtual 2020 yang akan berlangsung dari 16 Desember 2020 hingga 15 Februari 2021. Harapan kami, acara ini dapat membantu galeri, seniman, dan artis kolektif untuk lebih dapat mengenalkan dan memasarkan karya-karya seni Indonesia," kata Patrick Owen, Chief Creative Officer, OPPO Indonesia, Jakarta, baru - baru ini.

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Edisi Kedua akan menampilkan 400 karya baru setiap bulannya dan didukung dengan program seperti Art Talk, Artists Studio Visit, dan Collectors Visit . Untuk menambah keseruan, di edisi kedua ini kami akan menampilkan karya-karya yang dipilih oleh beberapa kolektor dan pencinta seni dalam program Collectors Selection. Semua program ini akan ditayangkan melalui akun media sosial Art Jakarta.

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Edisi Kedua akan menampilkan karya-karya seniman dari 38 galeri seni rupa (27 galeri Indonesia dan 11 galeri Internasional). Art Jakarta Scene juga akan menampilkan pameran karya seni rupa dari seniman kolektif dan organisasi.

Beberapa galeri peserta akan menampilkan pameran tunggal karya-karya senimannya diantaranya Cans Gallery yang menampilkan seniman dengan aliran Pop Surealis Oky Rey Montha, CGartspace akan menampilkan karya Justian Jafin, Gudang Gambar akan menampilkan karya Ricky Qalibi, Puri Art Gallery akan menampilkan karya seniman spesialis lukisan cat air Sasya Tranggono, dan Ruci Art Space akan menampilkan karya seniman Ruth Marbun.

Di acara edisi kedua ini, OPPO Indonesia bekerja sama dengan sepuluh seniman ternama Indonesia yaitu Aditya Novali, Agan Harahap, Agugn Prabowo, Arin Dwihartanto Sunaryo, Heri Dono, Mella Jaarsma, Naufal Abshar, R. E. Hartanto, Syagini Ratna Wulan, dan Uji "Hahan" Handoko melalui OPPO Find Art. Karya digital dengan edisi terbatas dari ke sepuluh seniman ini dapat dibeli langsung oleh pengunjung OPPO Art Jakarta Virtual 2020 Edisi Kedua.

Di ruang pameran OPPO Find Art kali ini akan hadir karya dari Agugn Prabowo, Arin Dwihartanto Sunaryo, Naufal Abshar, R. E. Hartanto dan Syagini Ratna Wulan. Karya mereka dalam bentuk satu set karya orisinil dan ukiran di perangkat terbaru OPPO Find X2 akan dilelang dan hasilnya akan disumbangkan kepada komunitas seniman Indonesia.

Patrick Owen, Chief Creative Officer, OPPO Indonesia, mengatakan, OPPO sangat bangga dapat berkolaborasi dengan Art Jakarta untuk menampilkan sebuah pengalaman baru art fair yang dihadirkan secara virtual dalam OPPO Art Jakarta Virtual 2020.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung industri seni dan kreatif agar pekerja seni dapat menghadirkan karya-karya inspiratif dan menjadi kebanggaan Indonesia. Melalui OPPO Find Art, kami menggandeng para sepuluh seniman ternama yang dipercaya mampu merepresentasikan nilai OPPO di setiap karya mereka. Semoga para pengunjung dapat menikmati karya-karya unik di OPPO Find Art dan karya lainnya di OPPO Art Jakarta Virtual 2020 secara keseluruhan," tambah Patrick.

"Kami, AGSI, sangat menyambut baik kegiatan OPPO Art Jakarta Virtual 2020 sebagai alternatif baru menyesuaikan kondisi pada saat ini. Kegiatan daring/virtual seperti ini merupakan langkah yang diperlukan oleh kami agar tetap dapat melakukan kegiatan senirupa tahunan seperti art fair. Kepada tim OPPO Art Jakarta Virtual 2020 kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dan selamat semoga semakin sukses di masa mendatang." ungkap Maya Sujatmiko, Ketua Asosiasi Galeri Senirupa Indonesia .

"Platform OPPO Art Jakarta Virtual 2020 telah memberi kesempatan kepada galeri maupun kolektor untuk memiliki waktu yang lebih panjang dalam menikmati karya seni. Di tengah pandemi yang mengharuskan kita untuk menjagajarak, OPPO Art Jakarta Virtual 2020 hadir sehingga jarak itu tidak terasa lagi", ungkap Esti Nurjadin, pendiri D Galerie Jakarta.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA