Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Menkes BGS Tinjau Kesiapan RSCM

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 25 Desember 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI , Budi Gunadi Sadikin (BGS) meninjau Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), guna melihat kesiapan antisipasi lonjakan kasus Covid-19 usai liburan akhir tahun.

Menkes tidak sendiri, dia didampingi Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, Dante Saksono.

Menurut Menkes, usai liburan panjang biasanya ditemukan penambahan kasus covid-19. Hal tersebut berkisar antara 20-40 persen.

"Tujuan kami ada dua, yang pertama, kami ingin memastikan bahwa kesiapan RSCM potensi penambahan kasus. Mengingat, setiap ada liburan panjang, sesudah selesai biasa ada peningkatan kasus, berkisar adanya 20-40 persen. Jadi saya ingin memastikan, bahwa RSCM sebagai rumah sakit rujukan terbesar di Jakarta, ranjangnya siap, ICU-nya siap, perawat dan dokternya siap, alat pelindung dirinya siap, dan obat obatannya siap," papar Menkes BGS, di RSCM kepada media secara virtual, Jakarta, Jumat, (25/12/2020).

Masih menurutnya, jika kondisi lonjakan tersebut tidak diantasi dengan baik sejak awal, dikhawatirkan perawatan kepada pasien akan sulit.

"Karena saya khawatir, kalau kita tidak antisipasi dari sekarang, nanti kita akan sulit merawat pasien - pasien yang masuk," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, Menkes ingin memastikan tenaga medis di RSCM terlindungi. Mulai dari asupan gizinya, hingga ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD).

"Kedua, kami ingin mesmastikan tenaga medis semua di RSCM perawat yang ada di RSCM terlindungi dengan baik, tertangani dengan baik dipastikan asupan gizinya baik, tidak terlalu lelah, karena mereka garda terdepan. Kita maksimalkan perlindungan untuk mereka. Karena kita sudah terlalu banyak kehilangan tenaga kesehatan," tambahnya.

Tidak lupa dia mengingatkan kepada masyarakat di hari libur panjang kali ini untuk tetap menjaga kesehatan.

"Terakhir, saya tidak bosan bosannya mengingatkan ke teman teman sekalian, di masa pandemi ini, liburan panjang ini, dimana saya mengucapkan selamat Natal, tolong pastikan hari besar ini diijalani dengan damai dan sehat," ujarnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA