Inilah Gangguan Psikologis Akibat Gawai

IN
Oleh inilahcom
Kamis 31 Desember 2020
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Teknologi dan media sosial bisa menjadi penyebab memburuknya gangguan psikologis yang memang sudah dialami seseorang.

Hal tersebut karena berlebihan dalam menggunakan teknologi dan media sosial dapat memicu gangguan psikologis.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ega Saintya Hanif yang memprakarsai situs kampus psikologimengatakan, bahwa bila tidak mendapat penanganan secara serius oleh keluarga dan lingkungannya, maka efek negatif dari gadget dan sosial media akan berdampak buruk secara psikologis pada seseorang.

Berikut ini adalah beberapa gangguan psikologis yang bisa diakibatkan kemajuan teknologi dan media sosial.

1. Kecanduan Gadget dan Bermain Game

Kecanduan terhadap gadget dan bermain game disebut dengan gaming disorder.

Gangguan ini memiliki gejala utama, yaitu memprioritaskan bermain game di atas aktivitas lainnya.

Biasanya, gangguan ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan intensitas sering.

Efek negatif yang bisa dialami oleh pecandu game yaitu kesehatan fisik yang terganggu dan juga kehilangan waktu untuk interaksi sosial.

2. Anti Sosial dan Tidak Tertarik dengan Hubungan Sosial

Dikutip dari kampus psikologi dalam ilmu kejiwaan, anti sosial disebut juga dengan schizoid, yang mana memiliki pengertian yang luas.

Namun, jika dikaitkan dengan pengaruh teknologi dan media sosial, dapat diartikan dengan gangguan kepribadian yang cenderung kepada menghindari hubungan dengan orang lain dan lebih nyaman menyendiri.

Apabila seseorang memiliki kecenderungan anti sosial, maka kecanduan terhadap media sosial dapat memperparah keadaan psikologisnya.

Si penderita akan lebih sering menyendiri dan berinteraksi di dunia maya serta kontak sosial secara langsung dalam masyarakat akan semakin berkurang.

Seseorang anti sosial akan lebih nyaman untuk menyendiri. Hal tersebut tentunya akan mengakibatkan kesulitan dalam interaksi langsung, dan akan mengganggu kehidupan sosial mereka.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA