Pentingkah Anak Belajar di Sekolah Internasional?

IN
Oleh inilahcom
Kamis 14 Januari 2021
share
 

Memilih institusi pendidikan, termasuk sekolah bertaraf internasional yang tepat, sangatlah penting bagi orangtua dalam mempersiapkan bekal untuk masa depan anak.

Karenanya, pemilihan sekolah yang tepat menjadi penting dan diharapkan dapat membantu anak dalam proses belajarnya. Saat ini, sekolah internasional sendiri tengah menjadi pembicaraan yang cukup popular di kalangan orangtua. Salah satu faktornya adalah makin tingginya pemahaman akan pentingnya pendidikan dan kurikulum berstandard internasional pada masa kini.

Sekolah internasional di Indonesia menjadi pilihan yang menarik dan kompetitif, sebab kualitas sekolah Internasional di Indonesia tidak seragam. Walaupun pemerintah berusaha menaikan standar ini dengan berbagai kurikulum, standarnya terkadang tetap kurang cocok untuk kebutuhan dunia kerja internasional.

Berikut keunggulan sekolah internasional yang dirangkum dari berbagai sumber untuk pilihan yang lebih tepat bagi sang buah hati.

Kurikulum Lebih Maju
Hal yang membuat banyak orang mengincar sekolah internasional adalah kurikulum yang berbeda. Sekolah ini menggunakan kurikulum modifikasi dari sekolah nasional dengan sentuhan standar internasional. Upgrade dari sisi kurikulum membuat pelajaran yang diterima siswa lebih ditujukan untuk standar kelas internasional.

Biasanya hal ini mengutamakan skill, kemampuan social dan juga semangat kompetisi para siswa. Dibandingkan sekolah nasional, kurikulum internasional benar benar menekan anak untuk maju. Memang risikonya tingkat kesulitan makin tinggi. Tapi di sisi lain, lulusan sekolah internasional lebih siap menghadapi tantangan yang lebih sulit.

Sekolah national sekarang mulai menerapkan kurikulum kompetisi. Tapi di sisi lain hal ini kadangkala tidak sebaik sekolah internasional. Tidak semua sekolah bisa mengaplikasikan kompetisi ini dengan baik karena standar siswa sendiri masih kurang.

Mampu Mempersiapkan Siswa Untuk Bilingual
Sekolah internasional memberikan penekanan pada penguasaan minimal 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Penekanan ini dilakukan dengan membiasakan percakapan sehari hari di kelas menggunakan dua bahasa tersebut.

Anak anak yang telah dibiasakan menggunakan bahasa asing akan lebih mudah menyerap dan menangkap. Jika dilakukan terus menerus pada jangka panjang, mereka sudah tidak asing lagi berbicara dan mendengarkan bahasa Inggris di kehidupan sehari hari.

Menguasai dua bahasa ini dapat memberikan banyak keuntungan. Pertama adalah kemampuan menyerap sumber pembelajaran yang lebih banyak. Di era internet sekarang ini, para siswa bisa akan lebih mudah menemukan artikel, buku dan sumber pembelajaran lain yang berbahasa Inggris. Karena sudah menguasai bahasa tersebut, mereka tidak perlu menunggu keluar versi Indonesia untuk menyerap informasi dari sumber luar itu.

Memperkenalkan Budaya Persaingan Sehat Sejak Dini Pada Siswa
Banyak sekolah internasional di Indonesia berusaha memperkenalkan budaya persaingan seperti banyak sekolah luar negeri. Budaya persaingan ini terkadang dipandang negatif, tapi hal tersebut adalah perspektif yang salah.

Saat siswa sudah terbiasa di lingkungan kompetitif, mereka akan lebih terlatih menghadapi banyak tantangan. Tentu saja proses memperkenalkan lingkungan ini harus perlahan. Tapi jika sudah terbiasa, mereka akan lebih siap untuk maju.

Persaingan dalam sekolah internasional lebih ditujukan untuk prestasi. Jadi mereka yang mampu menunjukkan kemampuan lebih akan mendapatkan lebih banyak benefit ataupun bonus. Hal ini bisa berupa hal kecil seperti bebas tugas piket saat masuk rangking 5 besar sampai hal besar berupa piagam untuk dapatkan rangking 1.

Fasilitas Lebih Maju Daripada Sekolah Nasional
Banyak orang tua mengincar sekolah internasional karena fasilitas yang ditawarkan lebih banyak daripada sekolah nasional. Sekolah internasional terkadang memiliki lab khusus dengan perlengkapan yang lebih maju. Untuk kelas saja, hal seperti komputer, proyektor AC dan perlengkapan lain sudah lebih lengkap.

Memang sekolah nasional ada juga yang berfasilitas baik, tapi kebanyakan masih belum lengkap. Bagi Anda yang mencari sekolah dengan kualitas fasilitas yang tinggi, lebih pasti memilih sekolah internasional.

Semakin baik fasilitas sekolah, makin mudah juga siswa menyerap pembelajaran. Contoh saja saat belajar conversation bahasa Mandarin. Menggunakan lab bahasa dengan sistem audio yang baik akan lebih membantu daripada di dalam kelas biasa dengan mic.

Memiliki Program Program Khusus Pengembangan Keterampilan Anak
Kelas internasional juga menawarkan program program khusus yang lebih luas dibandingkan sekolah nasional biasa. Contoh saja kelas khusus web desain, editing video dan image digital. Program tambahan ini tentu lebih membantu keterampilan para siswa untuk bisa bersaing dan lebih kreatif.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA