Lagi Cari Rumah? Berikut 5 Tips Sebelum Menentukan

IN
Oleh inilahcom
Selasa 19 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Rumah atau tempat tinggal masuk dalam kategori kebutuhan primer karena menjadi tujuan utama saat tubuh lelah, tempat ternyaman dan teraman. Karenanya, mencari tempat tinggal tidak semudah mencari pakaian.

Banyak aspek yang perlu diperhatikan sebelum menetapkan tempat tinggal, baik itu membeli rumah maupun hendak sewa rumah. Karena akan repot bila rumah yang ditempati tidak membuat merasa kerasan.

Maka, sebelum memutuskan membeli atau menyewa rumah, ada baiknya mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar tidak menyesal dan meminimalisir risiko. Berikut 5 tips sebelum menentukan pilihan rumah yang akan ditempati.

1. Pilih Calon Hunian Lebih dari Satu
Saat memilih calon hunian, sebaiknya anda memiliki list lebih dari satu. Bila rumah yang dipilih tidak sesuai dengan harapan, anda bisa pindah ke pilihan rumah lainnya.
Paling tidak, anda memiliki minimal lima daftar calon rumah. Mencari rumah sewaan atau membeli rumah gampang-gampang susah. Anda bisa mencarinya lewat situs properti terbaik yang tersebar di internet, di sana terdapat rekomendasi rumah, apartemen dan produk properti lainnya yang bisa anda pilih.

2. Sesuaikan dengan Lokasi dan Budget
Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, pilih lokasi yang dekat dengan pusat kota, dekat kantor atau keduanya.
Tetapi kedua hal itu ada kendalanya. Biasanya rumah yang dekat dengan kota dibanderol harga yang cukup tinggi.

Cari rumah yang tidak dekat dan tidak jauh dari kota maupaun kantor dan tentu sesuaikan dengan budget yang ada. Sebab, bila sewa atau beli rumah dengan anggaran yang mepet, anda akan kesulitan bila ada hal-hal yang diperlukan diluar rencana.

3. Cek Rumah Secara Langsung
Bila sudah menetapkan beberapa rumah yang sudah dipilih, sebaiknya cek rumah secara langsung. Ini sangat disarankan, karena jika melihat dari foto atau mengirim perwakilan saja tidak cukup.

Anda bisa melihat dan memeriksa kondisi rumah secara langsung. Jangan lupa cek kondisi atap, listrik, air, pintu, kloset dan lainnya.

Apakah hal-hal tersebuut berfungsi dengan baik dan aman. Bila rumah memerlukan perbaikan yang cukup banyak, sebaiknya pindah ke pilihan lain.

4. Cari Tahu Informasi Seputar Daerah Tempat Tinggal
Perhatian pada lingkungan sekitar tempat juga tak kalah penting. Sebab tak hanya hunian saja yang memengaruhi rasa nyaman, tetapi juga lingkungan sekitarnya.
Tanyakan pada pemilik rumah atau tokoh seperti RT dan RW seputar kondisi lingkungan, peraturan, biaya listrik air dan keamanan lingkungan. Anda juga disarankan menyimpan kontak telepn pengurus RT dan RW.

5. Baca Kontrak Perjanjian Sewa dengan Teliti
Bagi anda yang hendak menyewa rumah, baca dengan teliti surat kontrak perjanjian sewa. Diskusikan dengan pemilik rumah hal-hal yang membuat anda keberatan dan temukan kesepakatan yang menguntungkan dua belah pihak.

Jangan sungkan untuk bertanya secara detail. Misal di tengah-tengah sewa anda merasa tidak nyaman dan hendak pindah, apakah uang sisa sewa bisa dikembalikan atau malah hangus, atau bisa dipindahtangankan.

Tanyakan pula apa yang boleh dan tidak boleh anda lakukan dengan rumah yang anda sewa. Misal melakukan renovasi atau yang lainnya. Jangan lewatkan pasal-pasal yang tertulis di kontrak perjanjian.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA