Ini Dia 7 Kuliner Khas Semarang yang Bikin Nagih

IN
Oleh inilahcom
Rabu 20 Januari 2021
share
 

Semarang menawarkan sejuta pesona yang siap memanjakan lidah. Ibukota Jawa Tengah ini menjadi salah satu tujuan para pelancong dari seluruh Indonesia, khususnya untuk berwisata kuliner.

Nah, untuk bepergian ke Semarang bisa ditempuh dengan berbagai moda transportasi. Namun bagi yang suka perjalanan darat karena ramah kantong, naik bus bisa jadi alternatif nyaman bepergian. Bahkan, di masa pandemi ini. Terlebih ini banyak pilihan operator bus yang melayani rute Jakarta-Semarang dan juga dari berbagai kota lainnya, salah satunya bus Sugeng Rahayu yang merupakan salah satu operator legendaris dari Jawa Timur. Terlebih lagi, kini bisa reservasi tiket bus Sugeng Rahayu secara online dengan mudah, praktis dan cepat.

Namun, rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi makanan khasnya. Selain lumpia, ada banyak makanan khas Semarang lain yang patut Anda nikmati. Banyak di antaranya masuk dalam kategori kuliner legendaris Semarang yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Berikut ini 7 kuliner khas Semarang yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota itu.

1. Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso
Kuliner khas Semarang ini merupakan nasi goreng dengan tambahan babat sapi. Dengan kerupuk dan acar yang jadi teman makan semakin menambah nikmat hidangan ini.

Selain babat, ada juga varian lain yang bisa Anda tambahkan dalam satu porsi nasi goreng ini. Misalnya paru rebus, limpa dan iso. Anda pun bisa memilih jika hanya ingin babat gongsonya saja tanpa nasi. Anda bisa mampir ke Warung Pak Sukarmin atau dikenal juga dengan Pak Karmin yang sudah buka sejak tahun 1971.

2. Mie Kopyok
Mie yang sekilas mirip mie kocok Bandung ini berisi mie dengan kuah rempah gurih, ditambah irisan lontong, tetelan daging, tahu pong, tauge, seledri dan kerupuk gendar. Sederhana, tapi dijamin bikin nagih!

Mie ini memiliki beberapa nama yang dikenal oleh masyarakat sekitar Semarang, yaitu mie lontong karena menggunakan irisan lontong di dalam penyajiannya atau mie teng-teng karena penjualnya sering membunyikan suara teng-teng saat menjajakan makanan ini.

3. Garang Asem
Makanan khas Semarang yang satu ini berupa ayam kuah santan dengan bumbu belimbing wuluh. Cara memasaknya juga unik, yaitu ayam, santan dan bumbu rempah pelengkap dibungkus daun pisang lalu ditutup atasnya dengan lidi lalu dikukus.
Makanan ini paling pas disantap dengan nasi hangat, tempe goreng dan perkedel. Ayam yang digunakan juga spesial, yaitu ayam kampung yang punya tekstur lebih lembut.

4. Tahu Gimbal
Bukan sembarangan tahu, kuliner yang satu ini menggabungkan tahu dengan bumbu petis yang nikmat. Satu porsi tahu gimbal berisi irisan lontong, bakwan udang (gimbal), tauge dan irisan kol dan disiram saus kacang bumbu petis. Perpaduan rasa asin, gurih dan manis menghasilkan citarasa yang nikmat.

5. Nasi Ayam Semarang
Berkunjung ke Semarang tak lengkap tanpa mencicipi nasi ayam khas Semarang. Menu ini berisi nasi liwet yang diberi kuah kuning opor dengan labu manis, suwiran ayam kampung, telur, tahu dan krecek. Anda pun bisa menambah lauk, seperti sate usus dan sate telur puyuh.

6. Bandeng Presto
Makanan yang satu ini sudah dikenal dimana-mana karena kelezatannya. Menu ini menggunakan ikan bandeng yang dibumbui lalu dimasak dengan panci presto yang di dalamnya dilapisi daun pisang. Makanan ini juga jadi salah satu oleh-oleh favorit dari Semarang lho!

7. Pisang Plenet
Makanan dengan bahan dasar pisang ini cocok dijadikan camilan sedap saat berkunjung ke Semarang. Menu yang satu ini berbahan dasar pisang kepok matang, lalu dibakar dengan api kecil hingga sedikit gosong.

Setelah itu pisang tadi akan dipipihkan lalu diberi margarin dan isian yang beragam, seperti cokelat, meses, keju, selai atau gula bubuk. Setelah itu pisang akan ditutup dengan pisang pipih lainnya sehingga tampilannya mirip roti tawar.

Untuk bepergian, jangan lupa pastikan Anda tetap menjalankan protokol kesehatan selama perjalanan dengan bus atau saat mencicipi kuliner khas Semarang.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA