Cara Jaga Kulit Bayi Lebih Sehat

IN
Oleh inilahcom
Minggu 24 Januari 2021
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - DIbandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit bayi memang cenderung tipis.

Hal ini yang menyebabkan kulit bayi lebih mudah mengeluarkan penguapan cairan dalam tubuh, hidrasi yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa.

"Kulit memiliki berbagai macam fungsi salah satunya merupakan pertahanan atau pelindung dari suhu udara maupun dari benda yang tersentuh ke tubuh kita. Karena kulit bayi belum tumbuh dengan sempurna, maka kecenderungan terjadi iritasi dan sensitif memang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa," kata Dr. Armansjah Dara Sjahruddin Sp.KK, saat jumpa pers virtual, Jakarta, baru - baru ini.

Mengingat kulit bayi yang masih terus berkembang dan cenderung lebih sensitif, dr.Armansjah Dara mengatakan seringkali terjadi kondisi kulit yang mengganggu seperti ruam popok, dermatitis atopic, dermatitis seboroik, pyoderma, keratosis piliaris hingga skabies.

Hal ini lumrah terjadi dan dapat diatasi dengan menjaga kebersihan bayi serta memberikan produk yang tepat yang menggunakan kandungan alami.

"Orang tua perlu berhati-hati serta lebih teliti dengan kebutuhan kulit sang buah hari, gunakan produk yang menggunakan kandungan alami dan bebas dari bahan kimia tambahan yang dapat membahayakan kulit bayi," tambahnya.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah pada kulit bayi? Produk MOMAMI yang terdiri dari Happy Wash Hair, Bubbly Body Wash, Softie Top to Toe Wash, dan Silky Liquid Talc telah diuji secara dermatologis, hypoallergenic dan non-iritasi. Sedangkan Cutie Facial Cream, Bouncy Baby Yogurt, Dreamy Calming Cream, dan Chubby Bum Balm telah teruji klinis dan hypoallergenic.

Happy Wash Hair

Shampo dengan bentuk foam yang tak hanya membersihkan rambut si kecil namun juga menutrisi, melembutkan dan melembapkan dari akar hingga ujungnya.

Kandungan royal jelly membantu melembutkan rambutnya. Diperkaya dengan rice bran oil untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut dan soy bean protein menjadikannya rambut menjadi berkilau.

Happy Wash Hair diformulasikan khusus agar tidak pedih di mata. Orang tua pun tak perlu khawatir karena sampo ini tidak mengandun SLS dan paraben, sehingga aman untuk si kecil.

Bubbly Body Wash

Momen mandi si kecil juga semakin menyenangan, bermain-main dengan busa dan buih yang membersihkan kulit dan menjaganya tetap lembap setiap saat karena kandungan rice bran oil yang terdapat pada sabun cair ini.

Tak hanya berlaku untuk orang dewasa, agar kulit bayi halus dan cerah, sabun ini diperkaya dengan kandungan Alpha-hydroxyl Acid (AHA) pada Goats Milk bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Dilengkapi dengan kandungan soy bean protein akan menjaga keelastisan kulit dan mencegah radikal bebas. Bubbly Body Wash pun aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Softie Top to Toe Wash

Satu produk dengan dua fungsi, yang dapat digunakan dari ujung rambut hingga ujung kaki, untuk sabun dan shampo, membantu Ibu tak perlu repot lagi.

Mengandung aloe vera yang membantu melebutkan rambut dan menjaga rambut tetap berkilau juga diperkaya vitamin E yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan paparan sinar UV.

Silky Liquid Talc

Penggunaan bedak tabur pada wajah memiliki risiko terhadap sitem pernapasan bayi, karena partikel bedak tabur yang terbawa di udara dapat dihirup oleh bayi sehingga bisa mempengaruhi akses pernapasannya.

Momami menghadirkan bedak cair yang aman dioleskan pada area wajah tanpa khawatir partikelnya akan terhirup oleh bayi.

Silky Liquid Talc ini diperkaya dengan sweet almond untuk menjaga kelembapan, kelembutan dan menghaluskan kulit, serta olive oil memberikan nutrisi dan memberikan perawatan ekstra untuk kulit bayi yang kering. Sabun cair ini mampu menyerap keringat berlebih dan tidak lengket walaupun berbentuk cair.

Cutie Facial Cream

Kulit bayi memang lebih sensitif dan seringkali terjadi ruam atau iritasi, kandungan sun flower oil akan membantu melawan ruam pada wajah bayi dan membantu penyembuhan iritasi ringan.

Kelembapan dan kehalusan kulit bayi akan tetap terjaga dengan menggunakan Cutie Facial Cream karena adanya kandungan fatty acid pada rice brand oil. Wajah si kecil pun akan semakin menggemaskan.

Bouncy Baby Yogurt

Dengan lapisan pelindung dingin untuk mencegah kulit kering dan iritasi ringan, melembabkan dan menjaga kekenyalan kulit bayi. Diperkaya dengan chamomile sebagai zat aktif antimikroba dan mengurangi peradangan.

Mengandung calendula membantu memberi nutrisi dan menenangkan kulit yang mengalami dermatitis. Layaknya seperti menggunakan lotion, Bouncy Baby Yogurt sangat cepat meresap ke kulit dan tidak lengket. Si kecil pun tak akan merasa terganggu ketika menjalani kegiatannya.

Dreamy Calming Cream

Ketika si kecil rewel, Dreamy Calming Cream solusinya. Campuran minyak esensial untuk membantu menenangkan dan memberikan rasa nyaman, menenangkan bayi dan membantu meredakan ketidaknyamanan di bagian perut, meningkatkan kualitas tidur bayi.

Mengandung peppermint untuk menghangatkan tubuh bayi karena kembung dan juga dapat menenangkan iritasi kulit. Juga diperkaya dengan lavender sebagai aroma alami, lembut dan membuat rileks untuk mempercepat proses tidur.

Chubby Bum Balm

Untuk bayi dan balita, masalah ruam popok merupakan hal yang biasa terjadi. Ruam popok biasanya timbul karena ciaca panas, gesekan antara popok dan kulit si kecil yang masih sangat sensitif.

Kombinasi sempurna minyak nabati untuk menenangkan, menghibur, dan melindungi bokong bayi, melembutkan, melembapkan dan menutrisi pantat bayi. Diperkaya dengan shea butter sebagai pelembap alami dan perawatan berbagai penyakit kulit seperti ruam dan gigitan serangga.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA