Mutiara Adiguna Kreatif Lewat Konten Korea

IN
Oleh inilahcom
Kamis 04 Maret 2021
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta -Menghadirkan konten yang tak hanya mengangkat budaya pop negeri ginseng,tapi juga realita kehidupan masyarakatnya, Kreator video dan juga selebgram K-Pop, Mutiara Adiguna, atau Jinju, semakin dikenal.

Pernah tinggal di sana selama kurang dari 2019 sampai 2020 untuk kerja dan kuliah, membuatnya semakin mengenal seluk beluk tentang budaya Korea.

"Awalnya, sharing pengalaman aja selama tinggal di Korea lewat konten, dan nggak nyangka bakal banyak yang nonton. Terus akhirnya keterusan dan jadi sharing banyak hal tentang Korea di berbagai media sosial aku. Kan Korea juga termasuk negara maju. Aku ngerasa banyak hal positif yang bisa di-share," ungkap Jinju, Jakarta, Kamis, (04/03/2021).

"Mulai bikin konten aku inget banget itu Maret 2020, setelah pulang dari Korea karena pandemi dan karena bingung mau ngapain pas di rumah. Aku buat tutorial make up contohnya korean make up look, karena kebetulan aku juga suka make upa-an kan. Kemudian, aku jg angkat karakter orang korea, etos kerja mereka, tips kuliah di sana, tips dapat beasiswa dan bahas drama korea terbaru atau isu-isu hangan yang terjadi Korea," tambahnya.

Perempuan kelahiran 16 Desember 1999 yang juga pemilik akun @p.jinjuu16 mengaku bisa membuat konten 8-10 video dalam sehari. Hal itu karena banyak yang request atau penasaran bagaiaman kehidupan nyata di Korea.

Menurut Jinju, kebanyak bayangan yang ada di pikiran masyarakat Indonesia tentang kehidupan di Korea itu hanya bagian indah atau bahagianya saja seperti yang mereka tonton di drama korea. Padahal realitanya tidak seperti itu.

"Makanya, konten-kontenku itu isinya biar orang nggak berekspektasi tinggi. Inti pesan dalam konten aku itu sebenarnya aku ingin cerita bahwa Korea itu memang indah, cuma enggak seindah di drama korea," kata Jinju.

Baru-baru ini, tepatnya Minggu, (28/02/2021), Jinju kembali menjadi sorotan usai menggelar pernikahan bertema K-Pop.

Mulai dari seserahan, yang isinya ada soju halal, kue-kue khas Korea, hanbok dan ring box-nya berisi album boyband ternama Korea yaitu EXO dan BTS dan tak ketinggalan bucket bunganya berisi light stick yang biasa dibawa K-popers saat nonton konser musik.

Videonya di tiktok ditonton 5 juta orang dan yang me-like sudah 900 ribuan, dan bahkan di repost di akun instagram @serba.viral dengan view 157.420 views.

Selain itu, suasana yang dimunculkan juga warna yang dipakai yaitu putih peach. Di mana saat memasuki tempat pernikahan, tamu undangan disambut foto prewedding Jinju bersama suaminya memakai hanbok.

"Untuk baju pengantin, kami masih pakai adat Indonesia. Karena aku menyukai budaya pop Korea bukan berarti nggak cinta dengan budaya Indonesia," terang Jinju.

Lebih dalam, ia bercerita alasan ia sampai memilih pernikahan bertema K-Pop ialah sebagai pengingat pertemuan mereka pertama kali di Korea dengan pria yang kini menjadi suaminya, yaitu Fuad Hasbie.

"Aku juga sih berharap nanti balik lagi (ke Korea) setelah pandemi ini. Karena tujuan aku ke sana kan belajar broadcasting. Itu mimpi aku. Jadi, pasti aku ingin balik lagi," ujar Jinju.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA