Workation jadi Tren di Tengah Pandemi

IN
Oleh inilahcom
Jumat 19 Maret 2021
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Workation merupakan sebuah metode yang menggabungkan bekerja sekaligus rekreasi.

Workation tak hanya menjadi solusi untuk menyeimbangkan kehidupan agar tak terasa monoton, tapi metode ini juga terbukti mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Aktivitas workation, biasanya lekat dengan citra para digital nomad yang bisa bekerja di mana pun tak terbatas tempat dan waktu. Asalkan koneksi internet mumpuni untuk merampungkan pekerjaan dan terkoneksi dengan rekan kerja secara virtual.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyebut salah satu kunci untuk para digital nomad adalah produk wisata.

"Digital nomad termasuk wisatawan nusantara, mereka harus diberikan satu produk wisata dan akses ekonomi kreatif yang bisa mendukung digital nomad sehingga mereka bisa bekerja di mana saja," kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Jumat, (19/03/2021).

Beruntung Indonesia memiliki banyak destinasi untuk melakukan workation, sebut saja Bali, Lombok, Danau Toba, dan lainnya. Namun tak selamanya workation itu harus pergi ke tempat yang jauh. Menuju kota tetangga dengan kendaraan, sudah tergolong workation.

Ambil contoh Bandung, yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam perjalanan darat, jika bertolak dari Jakarta. Atau jika ingin merasakan perjalanan yang lumayan jauh dari Jakarta, cobalah arahkan kendaraan ke kawasan Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar).

Nah, salah satu ide yang layak dicoba untuk workation adalah dengan campervan. Karena dengan cara ini, selain memangkas biaya sewa penginapan, kita juga akan mendapat bonus pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

Campervan merupakan mobil yang memiliki fasilitas lengkap layaknya rumah. Semua aspek dari sebuah rumah tersedia di, misalnya dapur, tempat tidur, kamar mandi, bahkan ruang makan.

Campervan adalah salah satu cara favorit dan aman untuk sebuah perjalanan, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Sebelum workation dengan campervan, sebaiknya cari tahu dulu info penyewaan campervan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika urusan campervan sudah aman, jangan lupa buat daftar tempat-tempat menawan yang ingin disinggahi selama perjalanan.

Karena banyak banget destinasi wisata eksotis kalau liburannya #DiIndonesiaAja.

Hal yang terpenting dari workation dengan campervan adalah, tetap patuhi protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan di mana pun kita berada! Ingat kita harus terapkan 3M sampai pandemi ini benar-benar pergi.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA