Setahun Pandemi Covid-19

Tips Hidup Sehat Agar Bertahan di Tengah Pandemi

IN
Oleh inilahcom
Rabu 24 Maret 2021
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Setahun sudah pandemi covid-19 menerpa dunia yang juga menimpa Indonesia. Salah satu kebiasaan yang harus dilakukan untuk mengahadapi pandemi adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Menurut Dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK, Spesialis Gizi Klinik saat temu media virtual Refleksi Setahun Pandemi, Masyarakat Semakin Abai atau Peduli? Forum Ngobras bersama Frisian Flag, Jakarta, baru - baru ini, masyarakat harus mengatur pola hidup sehat sebaik - baiknya di tengah pandemi.

Artinya, harus menyesuaikan dengan pola gizi seimbang dengan komposisi makanan yang baik.

"Jangan lupa, makanlah makanan yang matang. Cuci sayur dan buah sampai bersih, masak lauk hingga matang. Kita harus minimalkan risiko kontaminasi bahan makanan yang tidak matang," kata Diana.

Dia juga menekankan untuk menerapkan Isi Piringku, sesuai anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Pengaturan jadwal makan juga penting. Atur waktu makan jadi sarapan, makan siang, dan makan malam secara teratur, dengan snack di antara waktu makan. Hindari snack yang tinggi kalori. Pilihlah snack sehat bisa buah, susu, atau kacang-kacangan," tambahnya.

Masih menurutnya, untuk menghalau virus, tubuh membutuhkan protein yang cukup. Karena itu, protein sangat penting agar imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik.

"Ingat, protein adalah building blocks untuk imunitas kita. Kita mau bikin pertahanan, maka benteng dan tentaranya harus kuat," ungkapnya.

Sarapan menjadi kunci dari menjalankan hidup setiap hari. Karena itu, jangan pernah lewatkan skrapan.

"Sarapan penting untuk mendapat asupan gizi sehingga konsentrasi kita baik. meski meeting di rumah, tetap harus sarapan. Sarapan jangan asal enak dan praktis. Gizinya tetap harus lengkap dan seimbang. Harus ada karbohidrat untuk konsentrasi juga protein, serta berbagai nutrisi lainnya," ujarnya.

Dia juga menyarankan, sarapantar tidak selalu harus konsumsi makanan yang besar. Anda bisa membuat simple food yang memiliki kandungan nutrisi lengkap.

"Misalnya roti gandung dengan telur, smoothie bowl dengan yogurt dan kacang-kacangan. Bisa juga oat dengan susu. Susu merupakan sumber protein hewani, dengan skor DIAAS (Digestible Indispensable Amino AcidScore) yang sangat baik. ini adalah skor yang menilai, seberapa besar suatu bahan makanan dicerna tubuh. Skor susu tinggi sekali," paparnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA