Tetap Olahraga Meski Sedang Jalankan Ibadah Puasa

IN
Oleh inilahcom
Kamis 08 April 2021
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - dr. Siti Pariani, MS., MSc., PhD., FISPH, FISCM, Ketua dan Pendiri Komunitas Lansia Sejahtera Surabaya, mengatakan, aktivitas fisik dan olahraga penting untuk tetap dilakukan di bulan puasa. Mengapa?

Karena, hal tersebut untuk mencegah tulang keropos (osteoporosis), membuat tulang menjadi lebih kuat, mengurangi risiko patah tulang, hingga memastikan tulang mendapatkan nutrisi yang baik.

Jika tidak melakukan aktivitas fisik, maka kepadatan tulang akan terus berkurang seiring bertambahnya usia, selain itu otot jadi lembek dan kecil dan sendi menjadi kaku karena tidak digerakkan.

"Aktivitas fisik untuk lansia bisa tetap dilakukan selama berpuasa di bulan Ramadhan dengan intensitas sedang seperti jalan kaki jarak dekat, membersihkan rumah, bersepeda santai, naik tangga, hingga berkebun. Selain melakukan aktivitas fisik, lansia juga dianjurkan untuk hindari stress, bersosialisasi dan berdoa untuk minta perlindungan pada Tuhan Yang Maha Esa," katanya Siti Pariani, Jakarta, Kamis, (08/04/2021).

Kunci untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis adalah dengan gaya hidup sehat aktif dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Protein, kalsium, dan vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot.

Semua bisa didapati dari makanan dan minuman sehari-hari seperti daging ayam dan telur untuk protein tinggi, atau tahu dan segelas susu yang merupakan sumber kalsium dan vitamin D.

Hindari konsumsi alkohol, merokok, atau terlalu banyak minum kopi dan soda agar penyerapan kalsium dan pembentukan tulang baru berlangsung optimal dalam tubuh.

Anlene sebagai ahli nutrisi tulang berkomitmen untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia mencapai salah satu pilar utama dari "Sehat, Aktif dan Bahagia" untuk mendapatkan kualitas hidup lebih baik.

Salah satunya dengan menyediakan nutrisi susu berkualitas tinggi melalui Anlene Actifit dan Anlene Gold Plus yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia demi kesejahteraan dan kesehatan tulang, sendi dan otot dan mendapatkan kesehatan secara menyeluruh.

"Anlene Actifit mengandung tinggi kalsium, kolagen, vitamin C, protein, vitamin ABDE, magnesium, dan zat besi. Sedangkan Anlene Gold Plus mengandung nutrisi tambahan berupa sumber kalium, serat tinggi, dan tanpa gula tambahan untuk menjaga tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah," tutup Rhesya Agustine Fonterra Brands Indonesia.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA