MasyaAllah, Ini 8 Masjid Terindah di Indonesia

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 17 April 2021
share
Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia tidak hanya kaya dengan destinasi wisata alam, tetapi juga terdapat beberapa masjid yang begitu Indah dan mega dan sayang untuk dilewati ketika berwisata.

Meski dalam keadaan pandemi, Anda bisa berwisata virtual dengan menyimak beberapa keindahan masjid di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Bandung, Bengkulu, Jawa Tengah, Aceh, Makassar, dan lainnya.

Yuk, simak beberapa masjid Indah dan megah yang berada di Indonesia ini.

1. Masjid Istiqlal

Ini adalah masjid termegah dan terindah yang tarletan di Jakarta. Berada di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka, yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas), di pusat Ibukota Jakarta.


Masjid ini merupakan salah satu dari 10 masjid terbesar kapasitasnya di dunia yang dapat menampung lebih dari 200.000 jamaah.

Memiliki gaya arsitektur modern dengen dinding dan lantai berlapir marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat.

2. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Dibangun pada 16212 di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, dahulu Tanya memiliki satu kubah dan satu menara.

Kubah-kubah dan Menara-menara ekstra baru ditambahkan pada tahun 1935, 1958, dan 1982. Hari ini Masjid Raya Baiturrahman memiliki 7 kubah dan 8 menara, termasuk yang tertinggi di Banda Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman selamat dari peristiwa Gempa dan Tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 yang hanya mendapatkan sedikit kerusakan seperti beberapa dinding yang retak.

Salah satu menara 35 meter juga mengalami sedikit keretakan dan menjadi sedikit miring akibat gempa tersebut.

Di saat kejadian bencana alam tersebut, Masjid ini digunakan sebagai tempat penampungan sementara untuk orang-orang yang terlantar dan baru dibuka kembali untuk ibadah setelah dua minggu.

3. Masjid Dian Al Mahri Depok

Masjid yang terkenal dengan sebutan Masjid Kubas Emas tersebut dibangung sejak 2001.

Dengan luas kawasan 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah.

Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.


4. Masjid Khalifah

Masjid Khalifah ini merupakan salah satu masjid termegah dan terindah di Kota Bengkulu yang berdiri di atas lahan SMP dengan arsitektur modern, yang pembangunannya termasuk sangat cepat yakni hanya dalam kurun waktu 10 bulan.

Masjid Khalifah siap menampung 1.000 jamaah.

Masjid yang dibangun oleh Maya Miranda Ambarsari beserta suami dan diresmikan pada 5 April 2020 dengan mengambil tema "Menjadikan Masjid Awal Membangun Peradaban untuk Mencetak Generasi Emas serta Mewujudkan Kota Bengkulu Kota Religius".

Maya mengatakan bahwa pembangunan Masjid Khalifah ini tidak lepas dari sumbangsih berbagai pihak. Dia pun sangat bersyukur karena proses pembangunan berjalan lancar.

"Pembangunan masjid ini merupakan kontribusi banyak pihak termasuk simpatik dari para ikatan alumni serta para guru di SMPN 2 yang luas biasa. Semoga dengan adanya Masjid Khalifah ini membawa keberkahan bagi kita semua," papar Maya, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Sabtu, (17/04/2021).

Penamaan Masjid Khalifah sendiri diambil dari nama putra semata wayang Maya Miranda Ambarsari, yaitu Muhammad Khalifah Nasif.

Selain itu, nama Masjid Khalifah ini juga dibuat dengan harapan para siswa-siswi yang nantinya menjadi alumni dapat menjadi pemimpin yang memiliki karakter dan akhlak mulia.

"Nantinya di Masjid Khalifah ini akan diadakan berbagai kegiatan Hafiz Al-Quran dan kegiatan keislaman lainnya sehingga dari sini kita berharap akan muncul para pemimpin hebat," ujar Maya.


5. Masjid Al Irsyad Padalarang

Masjid Al- Irsyad di kawasan perumahan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Jawa Barat ini. Masjid tanpa kubah tersebut dibangun oleh arsitek muda Ridwan Kamil.

Bentuk masjid sekilas hanya seperti kubus besar laiknya bentuk bangunan Kabah di Arab Saudi.

Menurut sang arsitek dalam berbagai media, kubah hanya bagian dari identitas budaya, sehingga dia lebih memilih untuk menampilkan identitas keislaman melalui kalimat syahadat raksasa. Kalimat ini ditampilkannya melalui susunan bata pembentuk dinding masjid.

Dengan konsep ini, dari luar terlihat garis-garis hitam di sekujur dinding masjid.

Jika dicermati, kisi-kisi dinding dengan susunan bata bolong ini membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab. Teknik ini menjadikan tubuh bangunan layaknya sebuah seni kaligrafi tiga dimensi dengan ukuran yang sangat besar.


6. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi.

Diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta yang memenangkan sayembara desain MAJT tahun 2001.

Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam lengkap dengan satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter.


7. Masjid Menara Kudus

Berdirinya Masjid Menara Kudus tidak terlepas dari peran Sunan Kudus sebagai penggagas dan pendiri.

SebagaimanaWalisongo yang lainnya, Sunan Kudus menggunakan pendekatan kultural (budaya) dalam berdakwah.

Ia mengadaptasi dan melakukan pribumisasi ajaranIslam di tengah masyarakat yang telah memiliki budaya mapan dalam pengaruh agama Hindu dan Buddha.

Akulturasi budaya Hindu dan Budha dalamdakwah Islam yang dilakukan Sunan Kudus terlihat jelas pada arsitektur dan konsep bangunan Masjid Menara Kudus.


8. Masjid 99 Kubah Makassar

Sulawesi Selatan memiliki ikon baru yaitu Masjid 99 Kubah Makassar.

Seperti namanya, masjid ini memiliki 99 kubah dengan satu buah kubah besar dan kubah kecil berjumlah banyak, sesuai dengan jumlah Asmaul Husna yang berjumlah 99.

Jika dilihat sekilas, masjid ini sepertinya mirip dengan salah satu landmark Hawa Mahal di Rajasthan, India.

Kubah-kubah ini perpaduan warna terang seperti kuning, jingga, coklat, putih dan merah yang menawan.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA