Sukses Bisnis, Sosok Ini Disebut Kartini Masa Kini

IN
Oleh inilahcom
Rabu 21 April 2021
share
 

Sosok kepahlawanan Raden Ajeng Kartini telah menginspirasi banyak perempuan, karenanya ia disebut sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara.

Sosok pahlawan nasional yang diperingati setiap 21 April ini rupanya menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi, Nova Prastika Firdausi, seorang pengusaha perempuan yang kini meraih sukses. Nova bahkan bisa disebut Kartini di masa kini karena semangat, keberanian, kerja keras, dan jiwa sosialnya mampu menginspirasi banyak orang.

Lahir di Jombang, Jawa Timur, Nova sempat mengalami titik yang menyakitkan dalam hidupnya lantaran ditipu oleh seseorang hingga kehilangan ratusan juta rupiah. Beruntung ia kemudian bisa bangkit.

Mengawali usaha sejak di bangku sekolah, Nova mulai berbisnis aksesori dan kue. Motivasinya kala itu hanya untuk mencari uang tambahan agar bisa kuliah. Lalu, berkat ketekunannya, Nova bisa merambah ke usaha penjualan produk kecantikan via online. Dua tahun pertama, ia sudah berhasil menembus pasar internasional.

Kini, Nova sudah memiliki berbagai jenis bisnis mulai online shop skincare, industri dan penjualan tas, pusat oleh-oleh, jasa ekspedisi, hingga restoran. Omsetnya bisa mencapai Rp33 miliar per bulan.

"Kunci sukses adalah tekun, kerja keras, dukungan dari pasangan, niatnya tulus, baik untuk keluarga dan orangtua. Kita harus mampu membahagiakan banyak orang, tidak hanya diri sendiri. Jadi minimal kita harus bisa bermanfaat untuk orang sekitar," ujar Nova di Jakarta..

Nova mengungkapkan, sebagai wanita yang terjun ke dunia bisnis, tentu banyak kendala yang dihadapi, namun itu semua harus dijalani dengan legowo dan bahagia.

"Kalau orang lain fokus pada kita, kita fokus saja pada tujuan bisnis kita," ujarnya.

Meskipun sukses mengembangkan bisnis, namun Nova tidak mau seluruh energinya habis untuk urusan pekerjaan. Sebagian waktunya justru disisakan untuk melakukan kegiatan sosial, seperti mengunjungi panti asuhan.

"Kegiatan ini sudah rutin saya lakukan, bahkan sebelum usaha saya mulai berkembang. Saya ingin selalu seperti ini selamanya, karena apa yang kita dapatkan, ada sebagian yang merupakan hak mereka, itu prinsip saya," beber wanita berparas cantik itu.

Untuk kaum perempuan Indonesia, Nova tak lupa menyisipkan pesan.

"Untuk wanita Indonesia, tetaplah menjadi inspirasi, tetaplah belajar, jangan patah semangat, tetap fokus, dan jangan ikut arus yang buruk. Kita harus menempatkan diri di tempat yang tepat, harus bergaul dengan orang positif yang dapat berdampak positif pada kita," katanya.

"Jadilah bermanfaat. Jadilah role model untuk keluarga, anak-anak, dan sekitar kita. Jadilah generasi pencari solusi, jangan jadi generasi pencaci maki," ungkapnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA