Penting! Kulit Wajah & Tubuh Harus Dirawat Bersama

IN
Oleh inilahcom
Kamis 22 April 2021
share
 

Kemajuan teknologi turut menyertai perkembangan dunia kecantikan di Indonesia ke arah yang positif. Dengan kondisi itu, tak heran jika banyak terobosan yang hadir di industri satu ini.

Salah satu terobosan yang sedang jadi perbincangan ialah adanya produk dengan kandungan skincare wajah yang diaplikasikan pada perawatan tubuh. Bagaimana tidak, sejauh ini sebagian besar pasar Indonesia masih kurang adil dalam menaruh perhatian terhadap perawatan wajah dan kulit tubuh. Padahal keduanya sama penting mengingat wajah dan tubuh sama-sama menghadapi bahaya polusi, radikal besar, hingga sinar UV.

Bukan itu saja, masih banyak pula orang yang amat selektif dalam memilih produk skincare wajah, ketimbang body lotion, misalnya. Bagi mereka, orang lain akan fokus kepada wajah daripada bagian tubuh lain ketika bertemu.

Fenomena ini kemudian melatarbelakangi lahirnya Joselin, jenama skincare atau perawatan tubuh pertama di Indonesia yang mengaplikasikan kandungan skincare wajah ke dalam produk perawatan tubuh. Tak hanya itu, mereka pun jadi jenama lokal pertama yang menggunakan konsep Nature x Dermatology (penggabungan ingredients natural dan science).

"Sentimen masyarakat masih beranggapan bahwa kulit wajah itu lebih sensitif ketimbang kulit tubuh. Padahal faktanya, kulit wajah dan kulit tubuh itu tersusun dari struktur kulit yang sama. Bahkan, sebaliknya, terdapat beberapa bagian kulit tubuh yang sama sensitifnya dengan kulit wajah," kata Chief Marketing Officer Joselin, Syefriandhi, dalam keterangannya.

Perbedaan antara kulit tubuh dan kulit wajah sebenarnya hanya terletak pada ketebalannya saja. Maka itu, sebenarnya, satu-satunya masalah yang dihadapi dari kedua jenis kulit ini hanya pola penyerapan formula perawatan yang diberikan.

"Dengan begitu tak ada alasan untuk merawat kulit wajah saja, karena kulit wajah sebenarnya hanya punya luas sekitar sembilan persen dari kulit tubuh," tuturnya.

Di sisi lain, kulit tubuh juga mengalami proses penuaan serentak dengan wajah, sehingga sama-sama memerlukan perawatan sedini mungkin dan sebelum muncul masalah lainnya.

Menurut Syefriandhi, kehadiran Joselin tak lain merupakan jawaban dari keluhan pasar tentang tubuh yang mulai belang karena terlalu sering terpapar sinar matahari langsung.

"Ada suatu momen, kami sering kali melihat banyak orang yang badmood dan mengeluh sesampainya di tempat kerja, kafe, atau di mana pun setelah melakoni perjalanan dan menghadapi kepanasan dan polusi," ujarnya.

Setelah menghadapi cuaca panas, tak jarang dari mereka khawatir akan kulitnya yang terbakar bahkan membuat belang. "Jangan sampai energi berkurang karena memikirkan hal-hal itu," katanya.

Mereka yakin kehadiran Joselin dapat membantu masyarakat untuk memiliki kulit yang sehat dan terawatt agar dapat melakukan yang terbaik di setiap kegiatan.

Joselin pertama kali memperkenalkan produknya pada 14 April 2021. Ketika usianya baru dua hari, mereka berhasi menjuar sekitar 500 pcs produk lewat skema preorder di WhatsApp dan e-commerce.

Dalam proses produksinya, Joselin bekerja sama dengan pabrik berstandar Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB). Tahun ini, mereka bekerja sama dengan pabrik di daerah Klaten, Jawa Tengah, dan tengah berencana untuk melakukan kerja sama serupa dengan pabrik yang berdiri di kawasan Jakarta juga Tangerang.

Pemilihan pabrik berstandar CPKB untuk memproduksi Joselin dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya, sertifikat CPKB tak mungkin dapat dimiliki oleh pabrik yang abai terhadap kebersihan dan prinsip steril.

Untuk memantapkan semangat ramah lingkungan, Joselin pun menghindari penggunaan material plastik dalam mengemas produknya.

"Sifat sampah plastik tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik, butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami. Berangkat dari situ, Joselin mengubah semua elemen pengemasan menjadi ramah lingkungan," kata Syefriandhi.

Pengemasan ramah lingkungan itu di antaranya ialah mengganti bubblewrap plastic dengan honey comb, mengganti lakban plastik dengan papper tape, dan mengganti boks/kardus dengan boks berjenis B Flute.

Sejauh ini, Joselin memiliki dua produk yang menjadi andalan mereka di antaranya ialah Joselin Advanced Bright Protection dan Joselin Pure Bright Secret.

Produk yang pertama merupakan body lotion dengan delapan kandungan yang berfungsi untuk memproteksi dan memberi moist dalam perlindungan kulit tangan, kaki, dan leher dari sinar UV dan radikal bebas. Produk satu ini dipercaya dapat melembabkan dan menuturisi kulit sejak dua menit pemakaian.

Sementara Joselin Pure Bright Secret merupakan body lotion dengan sembilan kandungan, yang berfungsi untuk mencerahkan juga menutrisi kulit tangan, kaki, dan leher, serta dapat melembabkan kulit selama 12 jam.

Kedua produk tersebut dapat digunakan oleh seluruh kalangan dengan usia 11-65 tahun, dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Di sisi lain, produk-produk mereka pun diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Menurut Syefriandhi, Joselin memiliki perbedaan besar dengan produk body lotion yang lain. Jika body lotion konvensional cenderung fokus pada apa yang ingin mereka suguhkan dengan memperlihatkan keunggulan produknya, maka Joselin ingin menampilkan kandungan body lotion yang lebih peduli terhadap tubuh.

Langkah itu bukan tanpa alasan. Bagi Syefriandhi, generasi millennial dan Z saat ini semakin selektif dan mulai paham tentang wawasan kandungan kosmetik.

Tahun ini Joselin akan merilis sederet produk yang biasa dijumpai di produk perawatan wajah. Produk-produk itu antara lain toner, serum, cleanser jerawat, moisturizer, hingga sun screen.

"Kita selalu menggunakan skincare wajah bertahap, seperti first cleanser, pakai toner, pakai serum, kemudian moisturizer, dan terakhir sunscreen. Tahapan itu baik, sehingga mengapa tidak dicoba untuk diterapkan pada kulit badan?" ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA