covid-19

Tips Meminimalisir Efek Samping Usai Vaksin

IN
Oleh inilahcom
Senin 26 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tidak jarang, masih banyak masyarakat yang bertanya - tanya soal efek vaksin covid-19.


dr. Nadia Alaydrus menjelaskan bahwa beberapa jenis vaksin memang macam-macam efeknya, tetapi balik lagi, itu semua tergantung pada bagaimana respons tubuh kita terhadap vaksin itu sendiri.

Menurut dr. Nadia, itu adalah hal yang wajar, karena itu adalah proses dimana vaksin itu sedang bekerja di dalam tubuh kita untuk membentuk antibodi.

Oleh karena itu, terkadang menimbulkan efek samping seperti demam, badan pegal-pegal, dan yang lainnya.

Lalu, apakah bahaya?

"Nah sebenarnya efek samping itu biasanya muncul sekitar 1-2 hari dan itu tidak bahaya, kita bisa melakukan beberapa hal untuk meredakan gejala tersebut. Misalnya mengalami sakit kepala, kita bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri kepala. Namun perlu diingat, obat itu hanya boleh dikonsumsi setelah vaksin," kata dr. Nadia, di podcast RCTI+, Jakarta, Senin, (26/04/2021).

Untuk efek samping yang katanya bikin pegel, dr. Nadia juga menjelaskan beberapa tips nih.

Bahwa karena memang vaksin itu dilakukan di jaringan otot, sehingga di beberapa daerah menimbulkan pegal-pegal terutama di daerah yang abis disuntik vaksin, karena jarum itu menembus ke area otot. Lalu, apa yang bisa kita dilakukan?

"Kita bisa melakukan stretching ringan, karena bisa banget untuk meredakan pegal-pegal. Makanya sebelum dilakukan vaksin sebaiknya istirahat yang cukup dan rajin olahraga untuk meminimalisir efek samping setelah dilakukan vaksin," kata dr. Nadia.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA