Pengusaha Kuliner Ini Pernah Jadi Pedagang Asongan

IN
Oleh inilahcom
Rabu 28 April 2021
share
 

NILAHCOM, Jakarta - Adalah Nanang Suherman (34) yang kini menjadi pengusaha sukses berkat kerja keras demi mengenyam bangku kuliah. Siapa sangka dahulu ia harus bekerja serabutan demi membiayai kuliahnya.

"Semua itu saya lakukan karena tekad awalnya, jadi keadaan orangtua saya tidak mampu namun saya tetap ngotot untuk kuliah. Padahal kedua orangtua saya tidak mau membiayai kuliah saya. Akhirnya daripada tidak jadi sarjana saya kerja serabutan demi bisa membiayai kuliah," ungkap Nanang yang saat ini mempunyai dua gelar sarjana dari universitas yang berbeda.

Pria sukses yang pernah merasakan tinggal di tepian Kali Basin tempat pembuangan limbah pabrik gula, yang letaknya tepat di desa Sukokerto, Probolinggo. Bahkan saat musim hujan, aliran kali meluap masuk ke dalam rumah.

Pria sukses yang mempunyai akun IG @nanang_anakbaik bercerita bahwa awalnya dia tidak mempunyai cita-cita sebagai pebisnis. Ambisinyaa kala itu adalah bisa kuliah.

Dirinya menceritakan dahulu sempat kuliah di salah satu kampus di Malang. Sayangnya, di tengah masa kuliah, orangtuanya tak mampu membiayai studinya. Nanang kemudian bekerja serabutan diawali menjadi asongan koran dan pengepul besi tua.

Hingga kemudian usahanya lancar dan membuatnya menjadi seorang pengekspor biji plastik.

Jatuh bangun usaha juga dialaminya, hingga bisnis biji plastik yang dijalankan merugi dan gulung tikar, lalu tanpa putus asa dan penuh semangat, Nanang memulai terjun ke bisnis kuliner.

Bisnis kuliner terpaksa dijalani karena sudah tidak ada modal dan pilihan lain, "Bisnis ekspor biji plastik saya bangkrut dan hanya menyisakan uang Rp500 ribu. Lalu bisa sampai ke bisnis kuliner ini ya karena sudah tidak ada pilihan bisnis lagi," ujarnya.

Saat ini berkat kegigihan dan kerja kerasnya, pria kelahiran Probolinggo itu sukses dengan bisnis kuliner yang ditekuninya. Ayam Goreng Nelongso adalah bisnis kuliner miliknya yang sudah cukup popular dan ini merupakan salah satu usaha miliknya yang berada di Kota Malang serta hingga kini telah memiliki 70 outlet di Indonesia. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA