https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   20 May 2021 - 15:37 wib

Kemenparekraf Perkuat Kolaborasi dengan Pemda

berita-profile

Inilah

0

0

<B>INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus memperkuat kolaborasi dengan pemerintah daerah.</B>

Dalam upaya membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

Salah satunya dengan kembali menggelar rapat Kolabor-Aksi Regional I yang mengundang bupati/wali kota dari sembilan Kabupaten/Kota, Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarta, baru - baru ini. 

Kesembilan kepala daerah itu yakni Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus; Wali Kota Tarakan Khairul; Wakil Bupati Sukabumi Iyos Sumantri; Bupati Subang Ruhimat; Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika; Bupati Blora Arief Rohman, Wali Kota Bandung Oded M. Danial; Bupati Aceh Selatan Tgk Amran; serta Wali Kota Dumai Paisal.

"Rapat koordinasi ini kami gelar tidak hanya untuk mendengar potensi yang ada di masing-masing kabupaten/kota, tapi juga potensi kolaborasi yang dapat kita langsung eksekusi ke depan," kata Menparekraf Sandiaga Uno, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis, (20/05/2021).

Menurutnya, kepala daerah harus dapat memetakan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah masing-masing. Pengembangannya pun harus dilakukan dengan baik, memperhatikan diversifikasi dengan kabupaten/kota sekitar.

Termasuk dalam penyelenggaraan event yang juga akan menjadi daya tarik wisata. Sehingga diharapkan pariwisata dan ekonomi kreatif benar-benar dapat menjadi penggerak ekonomi daerah, dan mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kemenparekraf akan memberikan pendampingan. Tidak hanya dalam melaksanakan event, tapi juga dalam menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Rizki Handayani; Plt. Deputi Bidang Destinasi dan Infrastruktur Frans Teguh, serta Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II Agustini Rahayu yang mewakili Deputi Bidang Pemasaran, Nia Niscaya.

Dalam pertemuan tersebut tiap kepala daerah memaparkan berbagai potensi wisata dan program unggulan dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah masing-masing. Mulai dari segi atraksi wisata yang dihadirkan, amenitas, serta aksesibilitasnya. Tiap kepala daerah berharap Menparekraf dapat memberikan dukungan terhadap program yang akan mereka jalani.

Bupati Subang, Ruhimat, berharap melalui kegiatan ini akan terjadi sinergitas antara pusat dan daerah dalam rangka membangun bersama berbagai potensi kepariwisataan dan ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Subang.

"Kami berharap pula agar Kabupaten Subang dapat menjadi destinasi wisata favorit baik lokal maupun internasional terlebih karena Subang termasuk dalam segitiga rebana (Cirebon, Patimban, Kertajati)," kata Ruhimat.(tka)

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Lahirnya Kolaborasi Lewat Rasa

Jakarta menjadi kota kolaborasi ternyata bukan hanya sekedar cita-cita. Tetapi Jakarta memang sud
berita-headline

Kanal

Sandiaga: Pembukaan Bioskop Gairahkan Kembali Industri Perfilman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno berharap pembukaa
berita-headline

Viral

Langkah Uji Coba Pembukaan 20 Tempat Wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salah
berita-headline

Kanal

Sandi Nilai Kearifan Lokal Jadi Solusi Dorong UKM Naik Kelas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus berupaya melak
berita-headline

Hangout

Inilah Sejumlah Bocoran Jelang Gelaran IMX 2021 'Limitless'

Jelang penyelenggaraan event puncak Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 'Limitless' pada 2 Okt