Animasi Quran Riko Ajak Anak Teladani Rasulullah

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 19 Juni 2021
share
 

Tokoh animasi Riko makin populer di tengah keluarga Indonesia. Memiliki karakter yang pintar, energik, sering bereksperimen, tapi kadang ceroboh, Riko banyak digemari anak-anak, bahkan orang dewasa.

Dalam kesehariaannya, Riko suka berpetualang, menjelajah, meneliti sesuatu, atau mencoba hal-hal baru dengan didampingi oleh robot cerdas Q110 yang biasa dipanggil Qiio. Kisah mereka dapat disaksikan di channel YouTube Riko The Series.

Animasi ini merupakan hasil karya Teuku Wisnu, Arie Untung, dan teman-temannya di bawah payung Garis Sepuluh Corporation. Riko dihadirkan atas dasar kegelisahan mereka terkait ajaran Islami ke anak-anak. Sebagai anak Muslim, Riko selalu bersyukur kepada Allah SWT dengan cara belajar tentang adab, akhlak, dan ilmu-ilmu lainnya secara islami. Pembelajarannya tentu dipandu sang kakak, bunda, dan ayahnya.

Qiio sebagai robot masa depan juga turut membantu sebagai ahli sejarah yang mumpuni. Bukan kebetulan kalau di kemudian hari Riko dan Qiio datang ke kantor Syaamil Group untuk mempelajari kisah-kisah teladan Rasulullah SAW, sekaligus melihat langsung proses pencetakan Al-Quran . Dari hal tersebut, akhirnya diluncurkanlah Quran Riko yang begitu menarik.

Riko merupakan anak yang tidak pernah lepas dari Al-Quran. Setiap hari selalu membaca Al-Quran dan mempraktikkan akhlak-akhlak Rasulullah SAW, yang memang bersumber dari Al-Quran. Quran Riko yang diambil dari Syaamil Quran tidak lepas dari peran Bara Imaji sebagai event perusahaan yang bergerak di bidang Brand Ambassador dan Digital Marketing.

Istri aktor Ricky Harun, Bunda Herfiza, yang mengisi talkshow online Asupan Anak Teladan, mengaku sangat senang dengan hadirnya Quran Riko ini. Desain, kemasan, dan bonus-bonusnya juga begitu disukai oleh anak-anak.

Al-Quran Riko ini dibuat dengan dua desain bertema luar angkasa yang cantik, yakni warna oranye dan hitam. Konten atau isinya diambil dari Syaamil Quran yang memang sudah dikenal sebagai penerbit sekaligus percetakan Al-Quran terpercaya. Menariknya, Quran Riko juga dilengkapi Pelajaran Agama Islam (PAI) yang sesuai dengan kurikulum. Bagi anak-anak yang hobinya menghafal Al-Quran, ada penanda warna khat di awal ayat (biru) dan akhir ayat (merah).

"Saya suka banget ada Quran Riko ini. Paketnya sudah dilengkapi dengan masker anak dan kaos anak ukuran all size yang warnanya disesuaikan dengan warna Al-Qurannya. Jadi kalau Al-Qurannya warna hitam maka masker dan kaosnya juga warna hitam," ungkap Bunda Herfiza, Jumat (18/6).

"Iya. Semua paket itu dimasukkan ke dalam wadah dus coklat eksklusif. Keren banget," lanjutnya.

Tidak hanya Quran Riko, kerjasama Syaamil Group x Riko ini juga mengeluarkan Seri Teladan Rasulullah, yang dibuat dalam paket eksklusif. Paket ini berisi 10 buku di mana tiap bukunya mengandung 34 kisah Rasulullah dalam bentuk cerita bergambar dengan panduan yang begitu lengkap.

"Ada Pesan Moral, Aku Tahu, Firman Allah plus Hadits Nabi, Kamus Tiga Bahasa, termasuk adanya Pesan Teman, Pesan Ustaz, serta Pesan Orangtua. Ini pun aku suka banget," kata Bunda Herfiza.

"Di dalamnya juga ada QR Code yang terhubung pada aplikasi dan ceritanya bisa langsung didengarkan. QR Code ini bisa di-scan menggunakan smartphone melalui aplikasi QRC Reader Komik Teladan Rasulullah. Jadi, anak-anak bisa mendengarkan versi audionya. Buku ini keren banget karena bisa berfungsi juga sebagai pendongeng yang baik. Anak-anak diajarkan bahwa penggunaan smartphone selalu diarahkan pada hal-hal yang bermanfaat," jelasnya.

Paket eksklusif ini juga dilengkapi dengan kaos all size untuk anak, masker anak, stiker, parent guide berbentuk peti harta, dan juga poster ukuran A2. Poster ini berisi catatan singkat bagaimana Riko mencintai Rasulullah. Disebutkan ada 5 cara dalam mencintai Rasulullah, yakni mengikuti yang dilakukan Rasulullah; menjauhi yang dilarang Rasulullah; menyayangi Rasulullah, keluarganya, sahabatnya, dan umatnya; mendoakan Rasulullah; dan memperbanyak membaca shalawat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA