Kolaborasi Paragon

Wujud Ciptakan Perubahan Kreatif untuk Masayarakat

IN
Oleh inilahcom
Minggu 20 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - UNTUK.INDONESIA adalah inisiasi kolaboratif Paragon Technology and Innovation (Paragon), Ganara Mariberbagi Seni (GanaraArt) dan Pemimpin Indonesia (Pemimpin.id).

Kolaborasi tersebut untuk menggerakkan perubahan baik di tengah masyarakat melalui peningkatan kapasitas kreativitas, kepemimpinan, inklusivitas yang inovatif dan berkesinambungan.

Program ini dijalankan karena adanya kesadaran bahwa Indonesia adalah negara yang besar, memiliki potensi sekaligus tantangan yang besar untuk menjadi ekosistem yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakatnya.

Untuk merealisasikan potensi yang ada, perlu partisipasi dari seluas-luasnya masyarakat Indonesia, karena setiap dari kita memiliki kemampuan yang dapat kita kontribusikan UNTUK.INDONESIA. Dengan besar dan beragamnya masyarakat, peran rekan-rekan wartawan dan komunitas jurnalis menjadi penting dalam menggerakkan setiap sendi-sendi yang ada di masyarakat.

Peran wartawan dan komunitas jurnalis yang strategis ini yang membuat awal pergerakan UNTUK.INDONESIA dilakukan dengan melibatkan rekan-rekan wartawan dan komunitas jurnalis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pergerakan kebaikan yang dilakukan oleh Paragon bersama konsorsium Rumah Wijaya.

Pada Roadshow ini Ganara Mariberbagi Seni dan Pemimpin.id sebagai komunitas berkolaborasi dengan Paragon dan juga tim Paragonian di berbagai daerah akan mengadakan roadshow ke Bandung, Jakarta, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banyuwangi dan Bali memberikan pelatihan kreativitas dan kepemimpinan sebagai bentuk peningkatan kapasitas untuk komunitas lokal serta jurnalis sebagai acara pembuka dari kegiatan lanjutan yang berjenjang dan berkesinambungan.

"Perubahan Sosial yang didirikan sejak 2014 oleh Ganara.Art kami percaya bahwa semua anak Indonesia berhak mendapat kesempatan untuk mengekspresikan diri dan diapresiasi, yang dapat diperoleh lewat seni. Telah berkegiatan seni bersama dengan kurang lebih 35,000 anak dan guru di berbagai daerah di Indonesia: Jakarta, Bogor, Tangerang, Jogja, Makassar, Bandung, Gowa, Bogor, Depok, dan beberapa pulau di wilayah Maluku," kata CEO PTParagon Technology and Innovation, Salman Subakat, pada temu media webinar, baru - baru ini.

Program utama yang dilakukan oleh Ganara Art adalah Art For Change, Berpikir Kritis dan Inklusi Sosial Melalui Seni menargetkan siswa sekolah menengah. Kurikulum Art for Change menekankan pada diskusi dan interpretasi seni.

Ini menggunakan seni sebagai pengaturan netral untuk menyatukan siswa dari pandangan yang berbeda untuk memungkinkan percakapan tentang isu-isu sensitif, mempromosikan keragaman dan inklusi sosial.

Selain itu juga terdapat Program Kewarganegaraan Digital untuk siswa sekolah dasar) pada tahun 2019-2020, dan Perempuan Maju Digital, yaitu rangkaian program pengembangan bagi perempuan pemilik usaha rintisan untuk memajukan usahanya/ ide bisnis dengan memaksimalkan penggunaan teknologi dan keterampilan kreatif.

Terinspirasi dari cerita Rumah Peneleh milik HOS Tjokroaminoto di mana pemimpin-pemimpin bangsa tinggal dan tumbuh. Pemimpin.id memiliki harapan untuk menjadi rumah belajar para pemimpin untuk membuat ekosistem kepemimpinan Indonesia lebih baik.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA