Agar Tak Mati Gaya di Kereta, Perhatikan 5 Hal Ini

IN
Oleh inilahcom
Kamis 24 Juni 2021
share
 

Perjalanan dengan kereta api menjadi pilihan banyak orang untuk bepergian di masa pandemi. Selain harga tiketnya relatif terjangkau, naik kereta api juga tak kalah nyaman jika dibandingkan transportasi umum lainnya.

Rute yang dijangkau pun banyak sehingga memudahkan Anda mengunjungi kota-kota kecil di Jawa dengan mudah. Namun, biasanya perjalanan kereta api bisa memakan waktu sekian jam, apalagi jika memilih rute jauh, seperti Jakarta-Malang. Lamanya waktu perjalanan ini tentunya rentan membuat Anda bosan.

Tapi tenang, Anda bisa bawa barang-barang ini untuk menemani perjalanan agar waktu cepat berlalu dan Anda tidak terlalu bosan duduk di kereta.
1. Smartphone + headset
Ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda lakukan dengan smartphone. Mulai dari menonton video di YouTube, menonton film yang sudah didownload dan disimpan ke memori smartphone, streaming tv series favorit, mendengarkan musik, mendengarkan audio book, main game online dan masih banyak lainnya.

Tapi siapkan baterai dan juga kuota paket data yang mumpuni jika ingin full streaming dan main game online selama perjalanan. Khusus untuk film, Anda bisa mendownload film atau drama favorit sebelum berangkat untuk ditonton selama berada di kereta. Dengan begini kuota paket data Anda pun akan selamat dan hati tetap tenang karena ada hiburan selama perjalanan.

Terkesan sepele, namun kegiatan ini dapat bantu Anda lebih rileks dan menikmati perjalanan karena selalu ada hal menarik yang bisa dilakukan pakai smartphone. Namun ingat untuk memakai headset atau earphone agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

2. Bantal leher
Jika Anda termasuk yang lebih memilih tidur di perjalanan naik kereta, jangan lupa bawa bantal leher untuk kenyamanan ekstra saat tidur. Meski kursi di kereta tergolong nyaman, namun bantal leher akan bantu posisi kepala tetap nyaman meski tidur dalam posisi duduk. Apalagi untuk perjalanan jauh. Jika posisi tidur kurang nyaman, Anda bisa tiba di stasiun tujuan dengan leher yang sakit dan badan yang terasa pegal-pegal.

Jika Anda bukan tipe yang mudah tidur saat perjalanan, bantal leher juga akan membuat Anda lebih nyaman saat duduk menikmati pemandangan atau bermain dengan smartphone. Bantal ini bisa menyangga kepala sehingga terasa lebih nyaman saat naik kereta. Jadi tidak ada salahnya jika bawa benda yang satu ini dalam perjalanan Anda naik kereta.

3. Buku atau komik
Jika Anda orangnya suka membaca, maka bawalah buku, novel atau komik favorit yang belum habis dibaca atau baru saja dibeli. Waktu perjalanan naik kereta yang berjam-jam tentunya dapat tidak terlalu terasa saat Anda memasuki dunia baru dalam cerita dari buku yang Anda baca.

Apalagi Anda akan menemukan suasana gerbong yang tidak berisik karena ada aturan dilarang berbicara secara langsung atau melalui telepon untuk mengurangi potensi penyebaran droplet di gerbong. Dengan begini, membaca pun jauh lebih santai dan menyenangkan tanpa gangguan.

Anda juga bisa mengombinasikannya dengan audiobook jadi tinggal putar lewat smartphone untuk menikmati berbagai cerita yang diinginkan.

4. Camilan
Meski PT KAI tidak membolehkan penumpang makan untuk perjalanan di bawah 2 jam, namun tentu saja beda untuk perjalanan jarak jauh yang lebih dari 5 jam. Selain bisa membeli makanan saat di kereta, Anda bisa membawa makanan tersendiri untuk dinikmati selama perjalanan. Jangan lupa juga cemilan favorit untuk mengatasi rasa bosan jika muncul tiba-tiba.

5. Charger atau powerbank
Untuk menjaga smartphone Anda tetap menyala selama perjalanan, jangan sampai lupa membawa charger maupun powerbank. Hal ini akan memudahkan jika baterai smartphone Anda sudah berwarna merah, Anda tinggal colok ke charger atau powerbank agar smartphone bisa terus nyala. Anda pun bisa lanjut menikmati film atau putar lagu favorit tanpa khawatir kehabisan baterai smartphone.

Nah itulah tadi info mengenai barang-barang yang bisa Anda bawa untuk menemani perjalanan panjang naik kereta api agar tidak bosan. Sudah ada rencana ingin pergi kemana naik kereta api sebagai tujuan selanjutnya? Anda bisa dengan mudah booking tiket kereta api di sini secara online untuk menghemat waktu dan tenaga serta mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Anda hanya perlu menggunakan smartphone atau laptop yang terhubung ke internet untuk melakukan pemesanan. Bisa dari rumah atau kantor bahkan dari mana saja tanpa harus repot.

Pastikan juga Anda update dengan persyaratan naik kereta di masa adaptasi kebiasaan baru selama pandemi agar tidak gagal berangkat. Misalnya soal masa berlaku hasil rapid tes atau Genose yang jadi salah satu syarat untuk melakukan perjalanan naik kereta api saat ini. Pastikan juga Anda selalu menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin selama di stasiun maupun di atas kereta untuk meminimalisir penularan virus selama perjalanan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA