https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   03 August 2021 - 10:45 wib

Inilah 9 Syarat Ibu Hamil Bisa Vaksin

Kabar baik untuk para ibu hamil di Indonesia. Kali ini bisa mendapatkan vaksinasi covid-19.

Hal tersebut sesuai dengan ketetapan yang sudah dikeluarkan resmi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.


Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuain Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, yang ditandatangani oleh Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 2 Agustus 2021, seperti yang dikutip dari keterangan pers Kemenkes RI, Jakarta, Selasa, (03/08/2021).

4-CB232-D6-9-A5-A-4-BDD-A1-AC-FF5-D2540-E637


Dokter Adam Prabata, dokter muda yang rutin memberikan edukasi tentang covid-19 di instagram praibadinya @adamprabata, menjelaskan ada beberapa syarat yang harus diperhatikan bagi para ibu hamil ketika ingin mendapatkan vaksinasi covid-19.


1. Vaksin covid-19 yang boleh diberikan untuk Ibu hamil antara lain pfizer, moderna, sinovac.

2. Pada usia kehamilan berapa ibu hamil bisa mendapatkan vaksinasi?

“Mulai dari trimester kedua kehamilan. Jika usia kehamilan kurang dari 13 minggu, maka vaksinasi ditunda,” tulis Adam.

3. Pemeriksaan sebelum diberikan vaksin antara lain. Pertama suhu yang lebih dari 37,5 C harus ditunda dulu pemberian vaksin sampai suhu menjadi normal. Kemudian, tekanan darah yang lebih dari 140/90 mmHg, diulang 5-10 menit kemudian, ditunda bila tekanan darah masih tinggi.

4. Pernah terkena covid-19. “Sehingga vaksinasi ditunda sampai tiga bulan setelah sembuh,” tambahnya.

5. Keluhan dan tanda preeklampsia yaitu kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, pandangan kabur, dan tekanan darah lebih dari 140/90, pemberian vaksinasi ditunda dan segera dirujuk ke rumah sakit.

6. Mengidap penyakit autoimun seperti lupus, vaksinasi dapat diberikan jika dalam kondisi terkontrol dan tidak ada kompilasi akut.

7. Memiliki penyakit penyerta yaitu penyakit jantung, asma, diabetes mellitus, penyakit hati, penyakit ginjal kronik, hipertiroid atau hipotiroid, dan penyakit paru, vaksinasi dapat diberikan, jika kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut.

8. Vaksinasi pertama riwayat alergi berat seperti sesak napas, bengkak, urtikaria seluruh badan, atau reaksi lainnya karena vaksin. Vaksinasi bisa ditunda dan dirujuk ke rumah sakit.

9. Ketika riwayat alergi berat memiliki sesak napas, bengkak, urtikaria seluruh badan, setelah vaksinasi covid-19, sehingga vaksin kedua tidak bisa diberikan.(tka)

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan